Shodaqoh Atas Nama Orang Tua Yang Sudah Wafat


Apakah orang tua kita yang sudah wafat masih bisa mendapat pahala bershodaqoh ?

Jawabannya : masih bisa.. jika saja kita sebagai anak mau membantu beliau yang telah wafat agar beliau tetap bisa bershodaqoh.. dalilnya :

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma,

أَنَّ سَعْدَ بْنَ عُبَادَةَ – رضى الله عنه – تُوُفِّيَتْ أُمُّهُ وَهْوَ غَائِبٌ عَنْهَا ، فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمِّى تُوُفِّيَتْ وَأَنَا غَائِبٌ عَنْهَا ، أَيَنْفَعُهَا شَىْءٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ بِهِ عَنْهَا قَالَ « نَعَمْ » . قَالَ فَإِنِّى أُشْهِدُكَ أَنَّ حَائِطِى الْمِخْرَافَ صَدَقَةٌ عَلَيْهَا

“Sesungguhnya Ibu dari Sa’ad bin Ubadah radhiyallahu ‘anhu meninggal dunia, sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sampingnya. Kemudian Sa’ad mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku men-shodaqohkan sesuatu atas namanya?’
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iya, bermanfaat.’
Kemudian Sa’ad mengatakan pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku shodaqohkan atas namanya’.” (HR. Bukhari no. 2756).

Saat Romadhon seperti sekarang ini, salah satu kebiasaan baik yang biasa kita lakukan adalah shodaqoh. Oleh karena itu, marilah kita coba mulai membiasakan diri mendedikadikan sebagian shodaqoh kita bagi orang tua kita yang sudah tiada.

Masih ada yang bisa kita perjuangkan untuk orang tua kita yang sedang berjuang di alam kubur. Oleh karena itu, lakukanlah sesuatu untuk mereka, salah satunya adalah shodaqoh yang kita dedikasikan untuk mereka.

Jika tulisan ini anda anggap bermanfaat, sharing-lah kepada saudara-saudara kita yang lainnya. Agar saudara-saudara kita juga mau mendedikasikan shodaqohnya bagi orang tua mereka masing-masing , bagi orang yang telah berjasa besar dalam hidup mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s