Wanita Sholat Berjamaah di Masjid

 
Ada pertanyaan, kalo laki-laki mendapat pahala 27 derajat lebih tinggi sholatnya saat berjamaah di masjid, bagaimana dengan wanita..?
Karena menurut dalil wanita itu katanya sholatnya lebih baik di rumahnya. Khan rugi gak dapat yang 27 derajat tersebut donk.. enakan yang laki-laki donk, bisa dapat 27 derajat..

Jawab :

Jika wanita melaksanakan sholat 5 waktu di masjid, mereka juga akan mendapatkan pahala yang sama, yakni 27 derajat lebih baik seperti dalam dalil :

عنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً»
“Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Shalat berjama’ah lebih utama dari pada shalat sendirian dengan dua pulu tujuh derajat.” (HR. Muslim).

Atau dalil-dalil lainnya tentang keutamaan pergi ke masjid seperti :

فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِى الصَّلاَةِ مَا كَانَتِ الصَّلاَةُ هِىَ تَحْبِسُهُ وَالْمَلاَئِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِى مَجْلِسِهِ الَّذِى صَلَّى فِيهِ يَقُولُونَ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ.
“Jika dia masuk masjid, maka dia ada di dalam shalat selama shalat menahannya dan para malaikat akan bershalawat atas salah seorang diantara kalian selama dia di tempat yang dia shalat di dalamnya, mereka berdoa: “Wahai Allah rahmatilah dia, Wahai Allah ampunilah dia, wahai Allah terimalah taubatnya”, selama dia tidak menyakiti di dalamnya atau berhadats di dalamnya.” (HR. Muslim).

Atau dalil-dalil lainnya seputar keutamaan sholat berjamaah di masjid. Dalil tersebut sifatnya umum, untuk siapapun yang mendatangi sholat berjamaah di masjid, termasuk kaum wanita akan mendapatkan keutamaan yang sama seperti yang diperoleh kaum lelaki. Karena menurut dalil yang ada kaum wanita itu juga diperbolehkan mendatangi sholat berjamaah di masjid, bahkan suaminya pun tidak diperbolehkan melarang jika istrinya tersebut menginginkan pergi berjamaah ke masjid selama tidak membahayakan bagi diri si wanita tersebut.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إِذَا اسْتَأْذَنَكُمْ نِسَاؤُكُمْ إِلَى الْمَسَاجِدِ فَأْذَنُوا لَهُنَّ
“Jika istri kalian meminta izin pada kalian untuk ke masjid, maka izinkanlah mereka.” (HR. Muslim).

Abdullah bin ‘Umar berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ إِذَا اسْتَأْذَنَّكُمْ إِلَيْهَا
“Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia.” (HR Muslim)

Artinya, wanita sholat berjamaah ke masjid itu diperbolehkan, sehingga mereka pun akan memperoleh pahala seperti yang tersebut di dalam dalil-dalil di atas tanpa dikurangi suatu apapun. Akan tetapi ada janji dari Alloh yang lebih besar untuk wanita, melebihi pahala sholat berjamaah di masjid maupun keutamaan lain pada saat mereka ada di masjid, yakni sholat 5 waktu di rumahnya sendiri. Sesuai dengan dalil :

Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ
“Janganlah kalian melarang istri-istri kalian untuk ke masjid, namun shalat di rumah mereka (para wanita) tentu lebih baik.” (HR. Abu Daud)

Jadi jika para wanita diperbolehkan sholat berjamaah ke masjid, maka dia juga akan mendapatkan keutamaan-keutamaan mendatangi masjid, akan tetapi sholat di rumahnya itu ternyata lebih baik daripada itu semua. Artinya, jika si wanita tersebut di masjid mendapatkan pahala 27 derajat seperti pahala yang didapat para lelaki, maka sholat seorang wanita di rumahnya lebih tinggi dari 27 derajat. Bisa jadi 28 derajat, bisa jadi 29 derajat atau bahkan bisa jadi 30 derajat. Jika ke masjid mendapatkan keutamaan mendapat doa malaikat serta ampunan dari Alloh, maka sholat dia di rumah mendapatkan yang lebih baik dari itu. Intinya si wanita sholat di rumah akan mendapatkan yang lebih baik dari yang akan dia dapatkan saat dia pergi ke masjid, soal berapa banyak lebih baiknya, hanya Alloh yang tahu.

Apalagi si wanita akan mendapatkan pahala tambahan, jika saja dia mau mendakwahkan suaminya agar mau mendatangi sholat berjamaah di masjid maka dia akan mendapatkan pahala seperti yang diperoleh suaminya saat suaminya sholat berjamaah di masjid.

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا
“Barangsiapa berdakwah/mengajak pada petunjuk/kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim )

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga,
فَوَاللهِ، لأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ.
“Demi Allah, sungguh Allah memberi petunjuk terhadap seorang laki-laki melalui dirimu adalah lebih baik bagimu daripada kamu memperoleh unta merah.“ (HR Bukhori Muslim)

Akan bertambah lagi keutamaan yang didapat wanita saat si wanita juga ikut membantu suaminya melakukan persiapan ke masjid, sesuai dengan dalil :

RasulullahShallallahu ‘alaihi wasallam,
وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ.
“Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut membantu saudara muslimnya.” (HR Muslim)

Itulah keistimewaan yang akan diperoleh para wanita dari sisi Alloh sehubungan dengan sholat-sholat mereka. Bahkan apa yang akan mereka peroleh bisa melebihi apa yang akan diperoleh oleh para lelaki. Begitu istimewanya seorang wanita di pandangan Alloh, jika saja dia bisa melaksanakan hal-hal tersebut di atas. Kesimpulannya adalah, sebenarnya amat sangat banyak pahala serta keutaman-keutaman yang bisa diperoleh seorang wanita melebihi daripada yang bisa diperoleh kaum lelaki dalam hal sholat berjamaah di masjid. Itulah salah satu keutamaan wanita di dalam ajaran Islam jika saja mereka mengetahuinya.

Wallahu a’lam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s