Sayang Hewan


Mas dokter ya?
Koq tau?
Karena Mas dah ngobatin hati neng..
Masa? Mas kan dokter hewan, Neng..

Gubraakkk…!!! Aeeeerrrgghhh…!!! Ha ha haaa…

Saudara… tahukah kita bahwa Islam ternyata memerintahkan kita untuk menyayangi semua makhluq, termasuk hewan sekalipun.. bacalah, seorang pezina pun diampuni dosa2nya dikarenakan menyelamatkan nyawa seekor anjing yang sekarat karena kehausan..

Dalam riwayat …dari Bukhari dan Muslim disebutkan pula: “Pada suatu ketika ada
seekor anjing berputar-putar di sekitar sebuah sumur, hampir saja ia terbunuh oleh
kehausan,tiba-tiba ada seseorang pezina – perempuan – dari golongan kaum pelacur Bani Israil melihatnya. Wanita itu lalu melepaskan sepatunya kemudian mengambilkan air untuk anjing tadi dan meminumkan air itu padanya, maka dengan perbuatannya itu diampunilah wanita tersebut.

Ada juga kisah heroik seseorang menyelamatkan nyawa seekor anjing yang menyebabkan Allah ridho kepadanya..

Dari Abu Hurairah r.a. lagi bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:

“Pada suatu ketika ada seorang lelaki berjalan di suatu jalan, ia sangat merasa haus, lalu menemukan sebuah sumur, kemudian turun di dalamnya terus minum. Setelah itu iapun keluarlah. Tiba-tiba ada seekor anjing mengulur-ulurkan lidahnya sambil makan tanah karena hausnya, Orang itu berkata – dalam hati; “Niscayalah anjing ini telah sampai pada kehausan sebagaimana yang telah sampai padaku tadi.” lapun turun lagi ke dalam sumur lalu memenuhi sepatu khufnya dengan air, kemudian memegang sepatu itu pada mulutnya, sehingga ia keluar dari sumur tadi, terus memberi minum pada anjing tersebut. Allah berterima kasih pada orang tadi dan memberikan pengampunan padanya.”

Para sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, apakah sebenarnya kita juga memperoleh pahala dengan sebab memberi – makan minum – pada golongan binatang?”
Beliau s.a.w. menjawab:

“Dalam setiap hati yang basah – maksudnya setiap sesuatu yang hidup yang diberi
makan minum – ada pahalanya.” (Muttafaq ‘alaih)

Dalam sebuah riwayat dari Imam Bukhari disebutkan demikian: “Allah lalu berterima kasih pada orang tersebut, kemudian memberikan pengampunan padanya, lalu memasukkannya ke dalam syurga.”

Bahkan dalam hadits lain, Allah sangat murka dan melaknat manusia yang menyiksa hewan, perhatikan dalil di bawah ini :

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma pula bahwasanya Nabi s.a.w. dilalui oleh seekor keledai yang telah diberi tanda ciscisan – dengan api – di mukanya, lalu beliau s.a.w. bersabda:”Allah melaknat kepada orang yang menandai sedemikian ini.” (Riwayat Muslim)

Dari Ibnu ‘Umar radhiallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:
“Ada seorang wanita yang disiksa – oleh Allah – dengan sebab seekor kucing. la penjarakan binatang itu sehingga mati lalu masuklah ia dalam neraka. Wanita itu tidak suka memberinya makan dan minum ketika ia memenjarakannya itu, juga tidak dibiarkannya makan dari binatang-binatang kecil yang merayap di bumi.” (Muttafaq ‘alaih)

Sudah jelas khan dalil tentang perintah menyayangi hewan dan larangan menyiksanya..?! di bawah ini saya kasih sebuah dalil satu lagi deh sebagai bahan renungan untuk kita..

Dari Ibnu Mas’ud r.a., katanya: “Kita semua bersama Rasulullah s.a.w. dalam suatu perjalanan, lalu beliau berangkat untuk menyelesaikan hajatnya. Kemudian kita melihat seekor burung kecil bersama dua ekor anaknya. Kita lalu mengambil kedua anak burung tersebut. Selanjutnya burung induknya itu datanglah sambil menaungkan sayapnya – seolah-olah mencari sesuatu – Nabi s.a.w. datang kembali kemudian bersabda: “Siapakah yang mengejutkan burung itu dengan mengambil anaknya? Kembalikanlah anaknya itu kepadanya!” Diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan isnad shahih.

Hayooo… bagi saudaraku yang masih merasa suka menyiksa hewan, don’t do it again yaa..!!! daripada dapat murka Allah..
Mau khan diampuni dosa2 kita..?! berbuatlah baik kepada semua hewan, hatta seekor anjing sekalipun.. jika ragu, baca lagi deh dalil di atas berulang2 yaa sobat2..!!

5 thoughts on “Sayang Hewan

  1. Aulia NurFitra Ibrahim berkata:

    kak anjing juga harus di sayang?semua hewan termasuk b*bi?maaf bila menyinggung pertanyaannya.tapi bukanya anjing haram?

    Suka

    • almubayyin berkata:

      anjing memang haram untuk dimakan, tapi bukan haram untuk disayang.. begitu..
      bukankah anjing-anjing yg lahir di muka bumi, termasuk babi sekalipun, mereka tidak memilih untuk menjadi anjing ? mereka sekedar menjalani taqdir dari Allah sang Pnecipta.. betul ?

      Jadi, semua yang diciptakan Allah tidak layak untuk disakiti, akan tetapi layak untuk mendapat kasih sayang dan perhatian juga.. sehingga muncullah hadits-hadits seperti di atas, tujuannya agar seorang muslim itu hidup penuh dengan kasih sayang, baik kepada sesama manusia atau makhluq ciptaan Alloh yg lainnya.. ajaran-ajaran seperti ini juga harus diketahui semua orang, agar tahu bahwa Isalm mengajarkan kasih sayang kepada semua makhluq di muka bumi ini.. silahkan disharing/disebarkan jika artikel tersebut dirasa bermanfaat..

      Suka

      • almubayyin berkata:

        Sebenarnya di jaman Nabi Muhammad, anjing juga boleh dipelihara tetapi hanya untuk 3 alasan, yakni :
        1. Untuk berburu
        2. Untuk menjaga hewan ternak
        3. Untuk menjaga tanaman (kebun)

        Hal ini berdasarkan dalil :

        dari shahabat Abu Hurairah, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

        مَنْ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ صَيْدٍ وَلا مَاشِيَةٍ وَلا أَرْضٍ فَإِنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِهِ قِيرَاطَانِ كُلَّ يَوْمٍ

        Barang siapa yg memelihara anjing yg bukan anjing pemburu dan bukan anjing penjaga ternak dan bukan anjing penjaga kebun maka akan berkurang dari pahalanya setiap hari sebanyak dua qirath (HR. Bukhori, Muslim)

        Sebagai hewan yang digunakan untuk berburu, menjaga hewan ternak dan menjaga tanaman, maka tentu saja para anjing tersebut akan bersentuhan dengan si pemelihara. Adapun masalah najis dan tidaknya, bisa dibaca di tulisan ane lainnya tentang bab najis : https://almubayyin.wordpress.com/about/bab-najis-1/

        Ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang masalah najisnya anjing, lebih lengkapnya baca di sana ya.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s