Diskusi Ilmiah tentang Paran, Bakka dan Mekkah

 
Ada orang Kristen yang menulis artikel bahwa Paran, Bakka adalah bukan Mekkah.. di bawah adalah dialog dengan orang Kristen tersebut.. ane mulai dengan jawaban dari bung Penggembira.

 
Penggembira :

hehehe ngak usah panjang2 son menjelaskan kesalahan anda yg cuma bikin orang bingung saja karena banyaknya fakta2 yg justri tidak benar
berikut nih saya ambil dari kitab anda sendiri dech biar anda paham

Gal 4:25
Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab–dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.

tuh disana dikatakan bahwa Hajar itu dari Gunung Sinai di Tanah Arab

untuk lebih jelas silakan anda baca2 disini nih tentang Mecca, Bacca dan paran
http://www.answering-christianity.com/paran.htm

 
Sonny :

Huahahaha….doel…doel….artikel ane adalah bantahan terhadap klaim muslim, yang mengatakan Paran = Bakka = Mekkah….. kok ente malah menyuruh ane membaca klaim itu lagi….hahahaha

Maaf doel…ane tertawa

 
Bayan :

Sorry, gw baru bisa ngebaca email2 yg ratusan mendekati angka 500 email di inbox2 gw.. nah, gw langsung ke sini aja, krn dah dikasih link jawaban oleh mas Penggembira..

Bagimana kalo gw juga bilang.. bahwa artikel http://www.answering-christianity.com/paran.htm adalah jawaban terhadap kristen yg lu copas..??!!
Dan di bawah, gw tambahin aja penjelasan dari artikel mas Penggembira.. ini pernah gw posting sebelumnya..

Postingan ini akan dibagi kedalam beberapa pokok pembahasan yaitu :

Paran : di Timur Mesir atau di Selatan Mesir?
Makna Paran
Letak geografis Paran (Batas-batas wilayah Paran) adalah Hawila, Syur, dan Asyur
Paran Bukan di Semenanjung Sinai
Baka dalam Mazmur 84 : Palestina, Lembah Biqa di Lebanon, atau Lembah Bakkah di Mekkah?

Dibawah ini link peta Timur Tengah modern

http://worldatlas.com/webimage/countrys/meriv.htm

Paran : di Timur Mesir atau di Selatan Mesir?

Pertanyaan Kristen :

Dan arah Mesir ke Irak ini adalah Melalui Jazirah Sinai.

keturunan Ismail tinggal diujung timur Jazirah Sinai dan tidak mungkin di sekitar Mekah, karena :
• Mekah tidak terletak di timur Mesir melainkan di selatan Mesir.[2]
• Mekah tidak terletak di jalur antara Mesir dan Irak, melainkan jalur Mesir dan Yaman.

Jawaban Muslim

Ulangan 33:2
ויאמר
יהוה מסיני בא וזרח משׂעיר למו הופיע מהר פארן ואתה מרבבת קדשׁ מימינו אשׁדת למו׃

Transliterasi : vy`mr yhvh msyny b` vzrh ms‘yr lmv hvpy‘ mhr p`rn v`th mrbbt qds mymynv `sdt lmv.

Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa naskah Bible bahasa Ibrani kuno hanya mengandung huruf konsonan, dan sama sekali tidak mengenal huruf vokal, dan juga tidak mengenal tanda baca “titik” (point) untuk kegunaan dalam melafalkan (pronounce). Sejarah mencatat bahwa penambahan vowel (huruf hidup) dan tanda titik (point) ditetapkan setelah Masehi (bukan sebelum Masehi).

Ernst Wurthwein mengatakan : “Bukan rahasia lagi bahwa selama berabad-abad teks Ibrani dari Perjanjian Lama berwujud sebagai teks konsonan (huruf mati) murni. Tanda-tanda vowel (vokal) tidak ditambahkan pada teks ini sampai tahap belakangan, ketika teks konsonan telah mapan (established) dengan sejarah transmisi yang panjang di baliknya……Teks konsonan yang dipelihara dalam manuskrip-manuskrip abad pertengahan dan yang merupakan dasar bagi edisi-edisi kita sekarang ini tarikhnya kembali pada kira-kira tahun 100 M. Sebagai bagian dari kebangkitan besar bangsa Yahudi yang menandai dekade-dekade setelah malapetaka tahun 70 M.”[3]

Selain itu, Louis Cappel, ahli sarjana bahasa Ibrani, menyimpulkan bahwa tanda titik dan vokal (the vowel point) dan tekanan logat (accent) adalah bukan bagian dari Ibrani yang original, namun telah dimasukkan oleh Sarjana Yahudi Masoret dari Tiberias, sekurang-kurangnya abad 5 M…..) [4]

I. Paran terletak di Selatan

Berikut ini adalah vowel yang ditambahkan untuk Taurat kitab Ulangan 33:2
וַיֹּאמַר
יְהוָה מִסִּינַי בָּא וְזָרַח מִשֵּׂעִיר לָמֹו הֹופִיעַ מֵהַר פָּארָן וְאָתָה מֵרִבְבֹת קֹדֶשׁ מִֽימִינֹו [אֵשְׁדָּת כ] (אֵשׁ ק) (דָּת ק) לָֽמֹו׃

Transliterasi : vayyō’mar yəhvâ missînay bā’ vəzārah miśśē‘îr lāmōv hōvfî‘a mēhar pā’rān və’ātâ mēribəbōt qōdeš mîmînōv ’ēšədāt ’ēš dāt lāmōv

Ada kata menarik yaitu rangkaian huruf konsonan Ibrani yaitu MYMYNV (מימינו), atau bila dalam bentuk vowel (huruf hidup) menjadi “mîmînōv” atau “miymiynov” (מִֽימִינֹו)

KJV Bible menerjemahkan MYMYNV (מימינו) sebagai “from right hand” (dari tangan kanan), namun NIV Bible justru menerjemahkan MYMYNV sebagai “from the south” (dari selatan).

Ulangan 33:2 NIV Bible
He said: “The LORD came from Sinai and dawned over them from Seir; he shone forth from Mount Paran. He came with [a] myriads of holy ones from the south, from his mountain slopes.
(Ia berkata: “Tuhan datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; ia bersinar dari Gunung Paran. Ia datang dengan ribuan orang kudus dari selatan, dari kemiringan Pegunungannya.)

Bandingkan dengan edisi KJV Bible.
And he said, The LORD came from Sinai, and rose up from Seir unto them; he shined forth from mount Paran, and he came with ten thousands of saints: from his right hand went a fiery law for them.
(Dan ia berkata: “Tuhan datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari Gunung Paran dan ia datang dengan sepuluh ribu orang kudus; di tangan kanannya tampak kepada mereka hukum berapi-api.)

Pertanyaan yang muncul adalah : Benarkah KJV Bible dan NIV kontradiksi? Jawaban saya adalah tidak!

Setelah saya perhatikan, kedua terjemahan (KJV dan NIV) itu bisa dibenarkan. Dalam arti bahwa YMYN itu memiliki arti lebih dari satu.

Number Strong’s Concordance :
Sumber : http://www.sabda.org/sabdaweb/tools/lexicon/?w=03225
〈=english
Word: yamiyn <—– Perhatikan huruf dasarnya (konsonan) adalah YMYN !!
Definition:
1) right, right hand, right side
1a) right hand
1b) right (of direction)
1c) south (the direction of the right hand when facing East)

Jadi YMYN (ימינ) itu artinya adalah “tangan kanan”, “arah kanan”, dan “selatan”.

KJV Bible menerjemahkan menjadi “tangan kanan”, sedangkan NIV Bible menerjemahkan menjadi “selatan”. Dalam hal ini, saya sependapat dengan penerbit NIV Bible yang menerjemahkan YMYN menjadi “selatan”!

Jadi Ulangan 33:2 yang lebih tepat adalah :
vayyō’mar (BERKATA) yəhvâ (TUHAN) missînay (SINAI) bā’ vəzārah (TERBIT) miśśē‘îr (SEIR) lāmōv hōvfî‘a (BERSINAR) mēhar (GUNUNG) pā’rān (PARAN) və’ātâ (DATANG) mēribəbōt (10.000) qōdeš (ORANG KUDUS) mymynv (DARI SELATAN) ’ēšədāt ’ēš dāt lāmōv (HUKUM BERAPI-API)

Atau
“Dan ia berkata :”Tuhan datang dari Sinai; Ia terbit di Seir; Ia bersinar di Gunung Paran dan datang dengan 10.000 orang kudus dari Selatan dengan hukum berapi-api. (Ulangan 33:2)

Selanjutnya saya akan memakai tafsiran diatas untuk Taurat kitab Ulangan 33:2 dalam penjelasan selanjutnya dalam artikel ini.
map_paran
-Sinai adalah Tempatnya nabi Musa.
-Seir adalah tempatnya nabi Isa (Yesus) di Palestina. Pegunungan Seir membentang dari dekat Laut Mati (Dead Sea) bagian selatan sampai dengan di dekat Teluk Aqaba (Teluk Eilat).
-Dan di Paran yang letaknya di Selatan (bukan Timur Mesir seperti penafsiran Kristen), Nabi Muhammad SAW memimpin 10.000 orang menaklukkan kota Mekkah dengan menegakkan hukum berapi-api.

Mungkin pembaca akan bertanya : Mengapa “10.000 orang kudus” bukan “ribuan orang kudus”? Bila pembaca mempunyai pertanyaan demikian, silahkan lihat penjelasan artikel saya mengenai 10.000 orang kudus.

Bukhari Volume 5, Book 59, Number 574:
“Narrated Ibn Abbas : The Prophet left Medina (for Mecca) in the company of ten-thousand (Muslim warriors) in (the month of) Ramadan, and that was eight and a half years after his migration to Medina….” (Diriwayatkan dari Ibn Abbas : Nabi meninggalkan Madinah (menuju Mekkah) beserta 10.000 (orang) di (bulan) Ramadhan, dan hal ini terjadi setelah 8,5 tahun Nabi hijrah ke Madinah…”)

Nubuat Taurat ini benar-benar digenapi pada tahun 8 Hijriah oleh Nabi Muhammad SAW yang ditemani oleh 10.000 tentara Islam dalam menaklukkan kota Mekkah.

II. Gunung Paran, Gua Hira, Jabal Nur (Bukit Cahaya) ?

Pertanyaan selanjutnya adalah bahwa dalam Ulangan 33:2 itu tercatat : “….Ia bersinar di Gunung Paran….”. Sedangkan Sejarah Islam mencatat Nabi Muhammad mendapat wahyu pertama kali di Gua Hira ?

Jika ada pertanyaan demikian diatas, lagi-lagi kita perlu tahu arti kata Ibrani nya.

Number Strong’s Concordance

http://www.sabda.org/sabdaweb/tools/lexicon/?w=02022〈=english

har – Hebrew Lexicon
Word: har
Definition:
1) hill, mountain, hill country, mount

Jadi kata “har paran” (הַר פָּארָן) dapat diartikan : Gunung Paran, Bukit Paran, dan Pegunungan Paran.

Tafsirannya adalah :
-Gua Hira terletak di Bukit Paran (Jabal Nur/Bukit Cahaya) yang termasuk rangkaian Pegunungan Paran (pegunungan Sarawat).

Lihat link peta kota Mekkah dibawah ini. Tampak bahwa Mekkah terletak di dataran tinggi.
Peta Mekkah
http://worldatlas.com/webimage/countrys/asia/lgcolor/sacolor.htm

 
Sonny :

Sdr bayan, ente mengambil tulisan ernst dan cappel sebagai argumentasi ente, padahal ernst dan cappel adalah kelompok kristen liberal, dan tentunya mereka menggunakan Bible NIV sebagai argumentasi mereka, dan terjemahan NIV adalah mengacu kepada Westcott & Hort bapaknya kaum kristen liberal.

Dalam argumentasi nya, ernst dan capple bersikeras kalau Paran itu terletak di selatan Mesir, padahal dalam sejarahnya, Hagar ketika di usir oleh Ibrahim dari Bersheba, berniat pergi menuju ke Mesir, maka dari itu Hagar pun mengambil jalan ke arah Timur (bukan selatan), dan tiba di Mesir dari arah kanan atau barat.

Kalaupun dikatakan Hagar datang dari arah selatan, maka tidak mungkin dari Mekah, karena jarak Bersheba ke Mekah 1000 km, sementara Bersheba ke Paran HANYA 150 KM.

Jadi mana yang logis bung ?

kemudian, artikel yang ente copas hanya mengutip satu permasalahan yaitu mengenai posisi Paran, TETAPI TIDAK MENJAWAB seluruh argumentasi dari pihak Kristen yang mempertanyakan keberadaan kota Mekah….paham bung ?

Artikel yang ane copas melempar 1, 2, 3, 4, 5 argumentasi, tetapi ente hanya menjawab 1 point saja…udah gitu ngaco lagi…. hehehe….gimana tuh bung ? next time dibaca dulu dengan baik sebelum di caplok.

 
Bayan :

Ha ha ha.. ente gak baca tulisan ane..??!! bukankah ane tulis, bahwa postingan ane hanya penambah penjelasan dari postingan artikel bung Penggembira..??!!

postingan dari bung Penggembira menjawab apa yg kristen klaim selama ini.. itu dah jelas banget.. postingan gw semakin menjelaskan posisi Paran yg bukan di timur, sedangkan ernst dan Cappel bukan yg nulis di bawah.. mereka tuh hanya menerangkan ttg awal mula bahasa Ibrani, krn mereka sarjana ahli bahasa Ibrani.. ttg hadits bahwa Nabi Muhammad membawa 10.000 orang mereka kagak tahu tuh..
siapa yg membawa 10.000 orang dari arah selatan..??!! sesuai nubuatan di Ulangan 33;2 bahwa yg bersinar dari selatan membawa 10.000 orang kudus.. dan dalam prakteknya itu adalah adalah Muhammad.. sesuai khan..??!! bukankah itu yg pengen gw jelasin..??!! dah jelas..??!!
di bawah ini gw jejerin antara ulangan dgn hadits yg menceritakan ttg hijrahnya Nabi Muhammad…

Ulangan 33;2
“Dan ia berkata :”Tuhan datang dari Sinai; Ia terbit di Seir; Ia bersinar di Gunung Paran dan datang dengan 10.000 orang kudus dari Selatan dengan hukum berapi-api.

Bukhari Volume 5, Book 59, Number 574:
“Narrated Ibn Abbas : The Prophet left Medina (for Mecca) in the company of ten-thousand (Muslim warriors) in (the month of) Ramadan, and that was eight and a half years after his migration to Medina….” (Diriwayatkan dari Ibn Abbas : Nabi meninggalkan Madinah (menuju Mekkah) beserta 10.000 (orang) di (bulan) Ramadhan, dan hal ini terjadi setelah 8,5 tahun Nabi hijrah ke Madinah…”)

Setelah proses hijrah itulah, Islam bersinar.. ternyata benar yaa nubuatan Ulangan 33;2.. he he hee… jelas banget khan..??!!

 
Sonny :

bayan…bayan…mau bersilat lidah lagi…..tidak pernah mempermasalahkan Paran, Bakka dan Mekkah kalau tidak di usik oleh muslim yang ngotot mengklaim Paran dan Bakka itu Mekah.

Semua berawal dari argumentasi Ali Sina yang mengklaim Mekkah dengan kuil Kabah nya tidak pernah ada, dan baru dikenal pada abad ke 6 (ini pernah ane bawa kesini).

Kemudian untuk membantah argumentasi Ali Sina, muslim pun mengklaim kalau Paran dan Bakka yang disebutkan dalam Kitab Perjanjian Lama adalah Mekkah. (http://www.answering-christianity.com/paran.htm)

Melihat klaim muslim tersebut, Kristen pun lantas membantah dengan mengatakan Paran dan Bakka BUKAN MEKKAH ! Lantas apa argumentasi muslim selanjut nya ??? tidak ada tuh….

bahkan dalih yang ente bawa yang ente anggap sebagai penambahan, justru malah lebih parah lagi….jauhhh menyimpang dari fakta sejarah. karena tidak mungkin Hagar dapat berjalan kaki sejauh 1000 km dari Bersheba ke Mekkah, karena ternyata Hagar hanya sanggup berjalan sejauh 150 km, dan hanya sampai ke Paran di gurun Sinai.

Ingat bung ! Konteks disini adalah meengenai eksistensi kota Mekah dengan kuil Kabah nya yang tidak pernah eksist sampai dengan abad ke 6, bukan mengenai 10.000 orang kudus, mengenai ini bisa kita bahas dalam thread lain.

paham bung ?

 
Bayan :

sony.. sony.. lu dah baca postingan bung Penggembira..??!! itu answering chritian bro…!!! krn kristen menynggah, dijawab dgn ayat2 Bible.. kalo kristen gak menyanggah, ngapain juga ayat2 Bible dibawa2..??!! eh, sapa yg bilang Hagar gakbisa jalan kaki 1.000 km..??!!
KH Ahmad Dahlan yg tua itu, dahulu kala dakwah jalan kali dari Jogja sampai Banyuwangi yg jaraknya 1.000 km..
walisongo, antara satu wali dan wali yg lainnya berjarak ratusan km.. ada yg di Surabaya, ada yg di Cirebon, ada yg di Kudus dll, mereka bisa saling berkomunikasi dgn lancar walau tdk ada HP atawa kendaraan bermotor…

Teman2 gw, sering dakwah jalan kaki dari satu masjid ke masjid lainnya dgn jarak lebih 1.000 km masuk ke pelosok2 desa2.. apanya yg tidak mungkin..??!! jaman dahulu kala, kafilah2 dagang banyak yg jalan kaki, krn kendaraannya untuk mengangkut barang2 dagangan, dgn jarak 1.000 km lebih, dan tidak ada masalah bagi mereka.. apakah ada yg aneh, jika ada orang jaman baheula yg berjalan kaki 1.000 km..??!! orang jaman sekarang aja ada, apalagi jaman baheula.. ini gak bisa dijadikan alasan bro…

 
Sonny :

bayan…bayan….masih aja mau ngeless juga…..dibawah udh ane kasih
kronologi nya, bahwa kristen hanya membantah klaim muslim aja…..kan
udh kebiasaan muslim utk mencari pembenaran dari Alkitab, makanya
dibantah.

trs…emang nya si kh.ahmad dahlan itu cowo atau cewe ? dia jalan2 di
gurun pasir yang panas terik atau di daerah perkampungan yg rimbun penuh
pepohonan ??? ente bisa bedain gurun dengan perkebunan gak bung ???

Hagar seorang wanita, berjalan berdua bersama anaknya yang masih dibawah
umur, berjalan di gurun pasir yang panas nya bisa mencapai 50 derajat,
dan dingin mencapai 0 derajat dimalam hari, apa mungkin ??????????????

pikir bung…jangan berhayal.

 
Bayan :

sony.. sony.. bukankah lu yg ngeles..??!! perlu lu ingat, dlm kafilah2 dagang, bukan hanya cowok doang.. cewek ada.. dan itu juga di gurun.. bagi orang2 jaman dulu tuh hal yg biasa.. Michelle Pude dari Inggris berjalan kaki di gurun Sahara sejauh + 250 km.. ditempuh dengan waktu 2,5 hari.. apanya yg aneh..??!!

Lu pernah ke Pakistan..??!! ato Afghanistan..??!! gw ke Pakistan, termasuk adik kandung gw pernah ke sono, di daerah2 gurun kebanyakan gak ada kendaraan umum.. mereka sdh terbiasa berjalan ratusan km untuk mencapai kota, termasuk kaum wanitanya.. gw mmg belum pernah ke Afghanistan, tetapi di sana, mereka mengalami hal yg tidak jauh berbeda.. makanya, kalo lu kagak tahu kehidupan padang pasir, jangan sok tahu lu.. lu bisanya ngebayangin diri lu sendiri yg gak kuatan jalan kaki, trus lu samain semua orang yg ada di gurun itu dgn lu.. sadar lu..??!!

Alasan capek jalan 1.000 km bagi orang padang pasir dah gugur.., kalo lu pernah ke daerah sono.. paham lu..??!!

 
Sonny :

Kafilah2 itu pake ONTA bung ! gak ada yang jalan kaki….dan mereka biasa nya rombongan dan membawa perbekalan yang cukup, karena mereka tau bertapa berbahaya nya jika sampai tersesat di gurun pasir.

lah ini…..Hagar seorang wanita dengan anak dibawah umur…jalan2 di gurun pasir sejauh 1000 km….hehehe…..
bung, di gurun tuh banyak bahaya mengancam, selain suhu udara yang ekstreem, juga banyak binatang2 berbahaya dan mematikan di gurun….kagak bisa orang selamat kalau tidak memiliki peralatan keselamatan yang memadai.

apalagi dijaman dulu…..dijaman kuda gigit besi…hehehe…seorang wanita bersama anaknya berjalan sejauh 1000 km, di gurun pasir….hahaha….ini mah cerita dongeng bro.

 
Bayan :

Nah.. lu kagak tahu ttg kafilah yaa..??!! onta biasanya dipake ngangkut barang dagangan dan majikan2nya.. onta jaman dulu barang mewah, bukan untuk sembarangan orang.. paham lu..??!!

Lu bilang Hagar sendirian..??!! kagak bro.. dengan Ibrahim, bukan sendirian.. setelah sampe di gurun yg akan dijadikan tempat tinggal, baru ditinggalkan..

â€Å”Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (Ibrahim 37)

 
Sonny :

Sudah lah bung….cerita mengenai ibrahim dalam alquran sangat ngaco sekali….masa Hagar yang di usir oleh Ibrahim kok bisa bersama-sama berjalan ke Mekah….hehehe….jangan berasumsi liar lahh bro…

udah yaa….jangan berimajinasi lagi bung…

 
Bayan :

Wakakak..; berimajinasi kata lu..??!!! wkwkwkwk.. bukannya pikiran gereja yg liar ttg Ibrahim..??!!

Ibrahim mengusir istri dan anak kandungnya yg darah dagingnya sendiri dan masih bayi itu dibiarkan berjalan pulang sendirian melalui gurun yg panjang dan penuh bahaya besar ke Mesir..??!! Lelaki macam apa yg seperti ini..??!!
gara2 nuruti istri tua, dia tega dgn darah dagingnya sendiri untuk dibiarkan berjalan di gurun yg penuh bahaya, yg lu bilang jaman kuda gigit besi, tanpa tempat bernaung dan juga perlindungan untuk si bayi dan si wanita..??!!
dan lu bilang, itu gambaran Ibrahim yg katanya kekasih Tuhan..??!! Tuhan mengasihi orang yg tega dgn anak kandung sendiri dan seorang wanita yg pernah jadi teman hidupnya terlantar di gurun, disuruh pulang berjalan kaki ke Mesir sendirian..??!!
berapa jarak perjalanan ke Mesir bro..??!! masuk akal lu padhe..??!! otak dipake dikit nape seeehh..??!!

Gambaran mana yg mau lu berikan pada Ibrahim..??!! dia lelaki yg nuruti istri tua dgn tega mengusir anak kandung sendiri dan seorang wanita lemah berjalan di gurun panas sendirian untuk jalan kaki ke menuju Mesir, yg penuh bahaya (kata lu)..??!! atawa lelaki yg bertanggungjawab dgn mengantarkan pergi anak dan istrinya pulang ke Mesir..??!!

 
Sonny :

yang mengusir Hagar itu adalah Sarah istri Abraham, pada awalnya Abraham pun ragu, tetapi Allah menguatkan  Abraham, makanya karena keimanan Abraham yang begitu kuat kepada Allah, sehingga dia pun rela mengusir Hagar.

Sama persis ketika Abraham di uji untuk mengurbankan Ishak….karena keimanannya, Abraham tidak sungkan2 mengurbankan Ishak anak kesayangannya.

coba…laki2 macam apa tuh yang berani mengurbankan anak nya ??? apakah ente akan maki2 laki2 itu juga ? hehehe…. i dont think so…

 
Bayan :

Istrinya ngusir, kalo Ibrahim kagak ngusir, masak bakalan pergi si hagar dan anaknya..??!! masuk akal..??!!

dan seorang lelaki tega membiarkan seorang wanita dan bayi laki2nya jalan sendirian di gurun yg kata lu jaman kuda gigit besi gara2 nurutin Sarah itu lu sebut bijaksana..??!!
Gw nasehatin ke kenalan gw.. kalo lu gak pengen gw maki2, lu pulangkan tuh bini baek2 sampe ke rumahnya.. paham lu..??!!

Tuhan nuruti nafsu Sarah, dgn mengorbankan seorang anak bayi digendong ibunya jalan di padang pasir sendirian tanpa teman..??!! luar biasa adilnya dan bijaksananya Tuhan yaa..??!! wkwkwkwk..

Kalo lu hubungin dgn pengorbanan.. dan lu yakin Hagar akan dijaga Allah.. knape lu mempersoalkan bahaya di jalan sebelumnya..??!! sadar lu bro..??!!
bukankah lu yg masalahin ttg jaman kuda gigit besi dan bahaya2 yg lainnya kalo jalan 1.000 km..??!! berarti lu telah matahin omongan lu sendiri (diskusi sebelumnya si Sonny memasalahin jarak ke Mekkah yg sangat jauh dan berbahaya di jaman kuda gigit besi).. bukankah berjalan ke Mesir mau pulang kampung dan jalan 1.000 km di gurun tanpa teman sama2 berbahaya..??!! Ibrahim kagak tahu itu bro..??!! Yg Ibrahim tahu, Hagar diusir pulang ke Mesir.. perjalanan panjang.. betul..??!! berarti alasan bahaya di perjalanan dari lu gugur.. setuju..??!! karena, kata lu Tuhan akan melindungi, begitu..??!!

 
Sonny :

hehehe…lucu sekali si bayan ini, jangankan mengusir Hagar, lah Ibrahim aja tega kok mengurbankan anaknya….kok ente sewot.. hehehe…

udah ane bilang, Ibrahim melakukan itu semua karena begitu besarnya keimanan Ibrahim kepada Allah…… kok mau ente maki2. hehehe…

Hagar setelah di usir, dia pun pergi ke Bersyeba yang jaraknya kurang lebih 250 km….BUKAN KE MEKAH yang jaraknya bisa mencapai 1000 km…..terlalu jauhhhh bro….gak mungkin….

Jadi, klaim muslim yang mengatakan Hagar berjalan sampai ke Mekah adalah omong kosong ! Karena selain jaraknya yang bisa mencapai 1000 km, kota Mekah pun belum ada pada masa itu.

Skg kembali lagi kepada ente, apakah ente masih mau terus menelan bualan alquran atau menerima kenyataan fakta yg terjadi.

Udh yaa…

 
Bayan :

sony.. sony.. coba lu pikir baek2.. kalo disembelih itu perintah Tuhan.. kalo mengusir Hagar itu perintah bininya Sarah.. paham lu..??!!

kalo dia nurutin mengusir tanpa dipulangkan baik2 ke Mesir, maka menurut Bible Abraham adalah manusia yg tidak punya peri kemanusiaan dan tidak gentle sama sekali.. membiarkan seorang wanita dan anaknya berjalan sendirian di gurun.. bukankah yg diketahui Abraham, Hagar hendak pulang jalan kaki ke Mesir..??!! apakah Abraham kagak tahu tuh jarak perjalanan ke Mesir..??!!

alasan lu masalah jarak dan bahaya di jalan gugur.. setuju..??!!
why..??!!
1. sepengetahuan Abraham, Hagar akan melakukan perjalanan ke Mesir yg jaraknya lebih dari 1.000 km.. dan Abraham membiarkan itu.. jadi bagi Abraham, jarak tidak masalah.. sehingga alasan jarak jadi gugur..
2. Bahaya berjalan di gurun, baik perjalanan ke Mesir atawa ke Mekkah sama saja.. bahkan jarak 250 km pun, yg namanya bahaya, kata lu jaman kuda gigit besi, tetap sama saja bukan..??!! jadi alasan bahaya juga gugur…
3. mustahil Abraham membiarakan seorang wanita lemah menggendong bayi berjalan sendirian ke Mesir yg jaraknya ribuan km.. krn, Abraham seharusnya seorang yg gentle.. bukan habis manis sepah dibuang.. betul..??!! jadi, alasan Abraham tidak mengantarkan juga gugur..

setuju bro..??!!

 
Sonny :

Memang itu adalah perintah Sarah, tetapi Allah merestuinya, bahkan Allah menjamin keturunan Ismail menjadi banyak dan besar. Kalau seandainya Allah tidak merestui, niscaya Abraham tidak akan mengusir gundiknya itu.

Hagar diusir dan pulang ke Mesir, karena Hagar berasal dari Mesir, seperti ente yang berasal dari Surabaya, kalau ente diusir ama majikan ente, pasti ente pulang ke Surabaya…..iya gak ? gak mungkin ente pulang ke Medan atau Aceh…..paham bro ?

Rute Mesir ke Kanaan pada masa itu sudah sering dilalui oleh para pedagang, berbeda hal nya dengan rute ke Mekah, bahkan pada masa itu kota Mekah aja blom ada bro….masa berani2 nya Hagar berjalan ke tempat yang kagak jelas…..paham bro ?

gunakan akal dan logika dalam berpikir bro….

 
Bayan :

Oke.. lu setuju bahwa bahaya dan jarak bukan alasan khan..??!! krn jarak perjalanan ke Mesir juga jauuuhhh bangeett.. berarti argumen lu sebelumnya ttg jarak dan bahaya sudah mentah.. (masalah alasan bahaya dan jarak sudah clear)..

Terus kita coba mencari tahu keberadaan Hagar.. apakah Hagar benar ke Mesir atawa dibelokkan Allah menuju tempat yg telah disediakan Tuhan untuk keturunannya..
GALATIANS 4:25 Now Hagar stands for Mount Sinai in Arabia

ini sesuai dgn penelitian Eusebius

EUSEBIUS WROTE: “The mountain of God in the region of Midian next to Sinai beyond Arabia in the desert, where the mountain and the desert of the Saracens, which is called Paran, meet. But to me it seems that the same mountain is called by two names, sometimes Sinai, sometimes Horeb.”Silahkan cross check: http://www.baseinstitute.org/features/mtsinai.htm

This expedition yielded the first of a wealth of compelling new evidence, to suggest that the Strait of Tiran on the Gulf of Aqaba was the crossing point for the route of the Exodus, and that Jabal al Lawz in Saudi Arabia is the true Mount Sinai.

The real significance in all this is that the Bible again has apparently been shown to be true, reliable, and accurate, down to the smallest historical detail. Critics who claim that the Bible does not coincide with known history and geography are again shown to be wrong once the physical evidence begins to surface. The account in the Bible is true, and the implications are incredible.
http://www.baseinstitute.org/features/mtsinai3.htm

Jelas banget khan..??!! Jabal al Lawz ada di Arab Saudi, dan itu sejak jaman dahulu sering disebut Mount Sinai.. sesuai ayat dlm Galatia di atas..  kesimpulannya, Hagar terdampar di Arab Saudi..

ada lagi neh.. sebagai bahan study juga yaa…

Seorang Kristiani berkebangsaan Lebanon, Kamal Salibi, menempatkan Paran di kota Mekkah

Dalam bukunya yang berjudul “Bible Came From Arabia” hal. 215 ia mengatakan
“.. the place in question could have been Faran, in the Zahran highlands, bordering on the basaltic desert of Harrat Al-Buqum. In any case, this Faran was no doubt the Biblical Paran”

mau lagi..??!! ehh.. itu dulu dah cukup khoq.. heheheh…

(Tidak ada sanggahan lagi)

13 thoughts on “Diskusi Ilmiah tentang Paran, Bakka dan Mekkah

  1. Arsahf Syah berkata:

    Sonny, saya ingin tanya : Kuatan mana kalau Onta dan Sapi disuruh berjalan di gurun pasir sejauh 1000 km..?, adakah diantara kedua binatang tsb yg sanggup?. Jawaban anda adalah BUKTI MUTU/KUALITAS OTAK ANDA SENDIRI.

    Suka

  2. Putri berkata:

    onta skarng sama onta dulu beda, liat aja beda manusia dulu dengan skarang secara fisik (baca sejarah)…, jadi apa yang tidak mungkin

    Suka

  3. zoel berkata:

    2:6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.

    Suka

  4. zoel berkata:

    saudara muslim berkata buruk tentang jesus,jesus dan isa.as orang yang sama,sedangkan yang di salip orang yang diserupakan dgn nabi isa.as itu di jelaskan dalam qur’an.

    Suka

  5. Solahuddin Alaihim berkata:

    Son..son.. lu Nalarnya udah kekunci dogma, seblumx lu ngeyel klo si hagar gk bakalan jln sejauh 1000 km, pas diberikan bukti klo itu hal yg mungkin, ngeyel lu jd ngeles klo si hagar walaupun jln sejauh 1000 km tp pasti pulang k mesir. Ha…ha mw 200 km kek atau 2000 km klo mmng kita dilindungi Allah gk ada yg mustahil. Nw 100 kilo kek klo lu khawatir bahaya gurun yah ttp bahaya. Ha..ha..ha..

    Bukti si hagar kt4 yg baru bukan kemesir ialah dr ayat brikut
    “Bangunlah, angkatlah anak itu (Ismail), dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.” (Kejadian 21:18).

    Itu bukti jika bangsa yg baru akan di bentuk oleh Allah, dan akhirx sampai skr bangsa yg mengklaim sbg keturunan ismail ialah bangsa Arab secara keseluruhan dan saudi utamax. Tdk ad yg lain, dan mmng terbukti klo mereka keturuban ismail.
    Dari situ klo nalar lu cerdas, tdk mungkin hagar kmbali k mesir melainkan k daerah baru (mekkah) sebab akan mnjadi bangsa yg besar agar manusia bisa menyebar di bumi ini. Bgtulah ketentuan Allah….

    Suka

  6. Suparman Abu Yasa berkata:

    Sangat bertolak belakang antara judul dengan isinya. Diskusi Ilmiah kalau ilmiah itu dengan nalar bukan dengan hawa nafsu. Sangat nyata terlihat disebutkan Hagar sebagai gundik, Padahal Hagar adalah pilihan Allah untuk diperistri oleh Ibrahim as. Terlalu berani juga menyebut bualan Quran. Kalau penilaian secara ilmiah semestinya bisa melihat Firman Allah mana yang tetap terjaga secara utuh sampai saat ini. Bukti Al Quran terjaga bisa di cek. Al Quran di Indonesia isinya pasti sama dengan di negara lain huruf pertama Quran adalah Ba
    dan surat terakhir adalah An Nas. Di seluruh dunia pasti sama seperti itu Dan Al Quran bisa dihafalkan, Saya bisa menunjukkan orang2 yang hafal Al Quran (karena isinya tetep dan terjaga) Setiap Muslim pasti Mengimani dan memuliakan Nabi Isa (Yesus), mengimani juga Injil tapi apakah Injil terjaga seperti Al Quran setelah melalui beberapa kali revisi dan terjemahan? Terjemahan secanggih apapun tidak bisa benar2 sepadan dengan bahasa awalnya, Misal dari latin ke bhs Indonesia terus dibalikkan lagi dari bhs Indonesia ke latin latin yang pertama dan latin ke dua pasti beda. Maaf sebenarnya saya tak ada niat berkomentar tapi pernyataan dari sodara Soni terlalu provokatif bahkan pelecehan tentang Al Quran dengan menyebut bualan Quran.

    Suka

  7. firman berkata:

    sejak dahulu kala kristen itu sudah kebakaran jenggot ketika disinggung Paran sampai-sampai mereka bikin peta sendiri untuk menggeser Paran dari Mekah

    Suka

  8. almubayyin berkata:

    Ada akun bernama “wakwaw”, di tempat lain dia selalu OOT.. di sini pun dia tidak menjawab apapun..

    Oleh karena tulisannya selalu tidak berbobot, maka ane langsung jawab aja salah satunya yang agak nyambung dengan materi.. knapa disebut agak nyambung..?!
    ya karena sebenarnya jawaban dia kagak nyambung walau sama-sama membahas Gal 4;25.

    Dia mengatakan bahwa Galatia 4;25 itu sebuah kiasan, sesuai dengan ayat sebelumnya Galatia 4;24 : “INI ADALAH SUATU KIASAN. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar”

    Perhatikanlah, tampak sekali dia tidak nyambung dengan pembicaraan.. he he..
    Ttidak nyambungnya dia adalah :

    Dialog di atas membahas kalimat :

    Gal 4:25
    Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab–dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.

    Ada huruf yang ditebalkan di tulisan di atas, artinya kalimat itulah yang sedang dibahas.. Yakni tentang LETAK/LOKASI Sinai, yang disebutkan di tanah Arab..
    Sedangkan si “wakwaw” membahas kalimat semuanya.

    “GUNUNG SINAI DI TANAH ARAB”itu yang sedang dibahas.. LOKASI SINAI itu yang sedang dibahas.. bukan kiasan untuk Hagar yang sedang dibahas.. ngarti kagak brow..?! he he.. cp d..

    Terpaksa ane jawab yang AGAK NYAMBUNG AJA ya.. karena kalimat-kalimat “wakwaw”yang lainnya keluar dari topik, maka gak dibahas..

    gw mengingatkan pada si “Wakwaw”, kalo lu mau komen, tolong dibaca baik-baik dahulu semua tulisan.. kemudian carilah kalimat di dalam tulisan di atas yang salah.. bantahlah dengan dalil yang ada, atau logika berpikir yang menjadi alur cerita dalam tulisan..

    bukan malah ceramah dan orasi sendiri, kemudian kagak membahas apapun dari yang ditulis di atas.. yang lu lakukan adalah sekedar melempar pendapat tapi tidak membantah apapun dari kalimat yang ada di dalam tulisan.. perhatikan sekali lagi, lu tidak membantah apapun dari kalimat yang ada, kecuali melempar opini.. jelas brow..?!

    Jadi yang dibutuhkan di sini adalah dialog dengan menggunakan dalil dan akal yang sehat, bukan saling lempar pendapat atau orasi.. paham..?! atau ini terlalu berat buat lu brow..?! hadeeuuhh.. cp d..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s