Kontradiksi Kematian Yudas

 

No. Matius 27:5 Kisah 1:18
Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.Imam2 Kepala mengambil uang itu dan berkata “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Sesudah berunding mereka membeli tanah dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.” Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem,sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka “Hakal-Dama, ” artinya Tanah Darah.
Kontradiksi Bible yang dibahas
1. Yudas tidak niat membeli tanah..

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci.. (Yudas tidak peduli mau diapakan uang itu)

Yudas niat membeli tanah

Yudas ini telah membeli sebidang tanah.. (Yudas telah membeli sebidang tanah.. berarti dia udah niat sebelum matinya)

2. Tanah dibeli sesudah Yudas mati..

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri. (Coba simak kata “lalu”.. setelahmelempar uang, belum beli tanah, Yudas udah mati.. yg membeli tanah adalah para Imam2 kepala berembuk setelah Yudas gantung diri (baca lanjutan ayatnya..)

Tanah dibeli sebelum Yudas mati..

Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.(Kisah 1:18).. (Coba simak kata “lalu”.. setelah membeli sebidang tanah, lalu Yudas baru mati..)

3. Yang dilakukan Yudas dari uang hasil kejahatannya. .

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci.. Matius 27:5 (Yudas melempar uang ke bait suci)

Yang dilakukan Yudas dari uang hasil kejahatannya.

Yudas ini telah membeli sebidang tanah… Kisah 1:18.. (Yudas membeli sebidang tanah….)

4. Bagaimana kematian Yudas..??!!

lalu pergi dari situ dan menggantung diri. (Matius 27:5) (Gantung diri)

Bagaimana kematian Yudas..??!!

lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.(Kisah 1:18).. (jatuh tertelungkup)

5. Siapakah yg membeli tanah..??!!

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.Imam2 Kepala mengambil uang itu dan berkata “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Sesudah berunding mereka membeli tanah dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.” Matius 27:5. (Yang mebeli tanah para Imam Kepala..)

Siapakah yg membeli tanah..??!!

Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.. .(Kisah 1:18).. (Yang membeli tanah Yudas..)

6. Penyebab disebut sebagai Tanah Darah..

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.Imam2 Kepala mengambil uang itu dan berkata “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Sesudah berunding mereka membeli tanah dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.” (Matius 27:5). (Sebab tanah itu dibeli oleh uang darah)

Penyebab disebut sebagai Tanah Darah..

Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem,sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka “Hakal-Dama, ” artinya Tanah Darah. (Sebab semua penduduk Yerusalem mengetahui keadaan Yudas yg berdarah2 mati jatuh tertelungkup setelah membeli tanah tsb,sehingga tanah itu dinamakan Hakal Damma..)

7. Hak atas tanah (Point tambahan)..

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.Imam2 Kepala mengambil uang itu dan berkata “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Sesudah berunding mereka membeli tanah dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.” (Matius 27:5).. (Tanah tersebut dibeli oleh Para Imam Kepala,bukan Yudas,pake uang yg telah dibuang,dilempar, bukan milik siapa2,krn Yudas sudah tidak mau atas uang tsb.. Uang tersebut tidak dikembalikan ke Yudas.. ingat itu..!! uang tsb tidak dikembalikan ke Yudas,tetapi ttp tdk boleh masuk ke dalam peti persembahan, para Imam menolak memasukkan uang tsb ke peti,maka setelah berunding para Imam Kepala tsb, memutuskan, tidak perlu dikembalikan uang itu,wong Yudas udah gantung diri,udah mbuang ini uang,ini jadi milik umum,tetapi jangan masuk peti persembahan, ya cara satu2nya ya dibelikan tanah untuk umum..berarti tdk masuk ke peti.. ditujukan untuk pekuburan umum orang asing..

 

Kalo ane sudah membuang uang,ane sudah tidak mau atas uang itu,maka siapapun yg mau boleh menggunakannya, krn ane sudah bukan pemilik uang tsb..siapapun boleh mengambilnya, memanfaatkannya. .Ane ingat,pernah dikasih uang korupsi,uang hasil kejahatan,ane lempar uang itu..siapapun boleh mengambilnya. .trus,apakah kalo uang tsb udah dibelikan barang oleh org yg memungut,terus barang tsb jadi hak milik ane..??!! Logika darimana itu..??!!

 

Tanah yg dibeli para Imam Kepala tsb ditujukan untuk pekuburan umum bagi orang asing, jadi tanah ini adalah milik umum,bukan hak perseorangan lagi.. Jelas..??!! setiap org asing yg mati punya hak atas tanah tsb)

Hak atas tanah (Point tambahan)..

Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem,sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka “Hakal-Dama, ” artinya Tanah Darah.. (Tanah ini hak milik Yudas, karena yg membeli Yudas,mau digunakan apapun itu hak Yudas,terserah Yudas.. pake uang yg belum dilempar,masih hak milik pribadi Yudas)

81 thoughts on “Kontradiksi Kematian Yudas

  1. BARITO berkata:

    WAH…KALAU SOAL ITU SIH KITA TINGGAL LIAT AJE KE BADAN PERTANAHAN, PASTI ADA FILENYA. JADI KETAHUAN BERAPA UKURAN TANAH YG DIBELI YUDAS, TAPI KALAU SOAL UKURAN/ITUNG-ITUNGAN KAYANYE SOAL BISA RUNYAM LHO MAS. MAU BUKTI? 1+1+1=1 BETUL? JELAS BETUL BAGI YG SINTING, KALAU YG PANDAI NGITUNG PASTI 1+1+1=3

    Suka

  2. inrianto berkata:

    Kali ini saya setuju dengan saudara. Memang ada kesimpang-siuran dalam kematian yudas. Matius menulis berdasarkan kesaksian para imam, sedangkan para rasul menulis berdasarkan kesaksian penduduk yerusalem. Cerita mana yang benar? Bukan hal yang penting bagaimana yudas mati, tetapi kematian yudas ini sudah dinubuatkan para nabi, dan benar terjadi sesuai nubuat itu.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      masalahnya bukan hanya sampai di situ sob.. masalahnya adalah Bible itu katanya firman Tuhan.. yg bener buku sejarah atau firman Tuhan seehh..?!

      jika itu buku sejarah, kitab suci Kristen apa donk..?!

      jika Bible dianggap kitab suci..?! lha wonk sdh terbukti tdk suci lagi khoq, buktinya banyak errornya..

      Suka

    • almubayyin berkata:

      masalahnya adalah bahwa Bible itu adalah kitab suci.. namanya kitab suci gak boleh ada error di dalamnya.. jika saling kontradiksi, maka bagaimana bisa disebut itu sebuah kitab yg suci dan disebut sbg firman Tuhan..?!

      padahal baru 1 saja kontradiksi yg ane sebutkan di sini.. bagaimana jika ane sebutkan ratusan yg lainnya..?!
      pdhl di sini ane sekedar ingin membuktikan kontradiksi, dan ente sdh menyetujuinya..
      bagaimana jika akhirnya ente menyetujui error2 yg lain dlm Bible..?! betul2 bisa disebut kitab yg sangat error..

      pertanyaannya adalah, apakah kitab spt ini bs dijadikan kitab rujukan..?! apalagi untuk masalah yg sangat esensial, yaitu agama..
      bagaimana jika seorang anak sekolah diberikan rujukan buku (kitab) yg error2 dlm pelajaran2 sekolahnya..?!
      bagaimana seseorng yg menyelesaikan tugas skripsi kemudian ternyata buku2 rujukannya adalah buku2 yg tdk tdk valid alias banyak error dlm isinya..?!

      bisa dimengerti sob..?!

      Suka

      • Roni Gipin berkata:

        Dalam Matius menyatakan Gantung diri sebagai sebab kematian. dalam kisah para rasul katakan jatuh(jatuh dari gantungan dlm arti tiada orang yang menurunkan mayat Yudas sampai tali gantungan dan mayat dia reput) tertelungkup dan perut pecah(karna udah reput mayatnya maka isi perutnya terburai). Kisah para rasul tidak menyatakan sebab kematian kerana dia memberatkan kepada tentang uang yang dibuang oleh Yudas…tidak dinyatakan berapa jumlah uang yang dia buang, jadi dia udah belanja sebahagian dari uangnya untuk membeli tanah dan yang lainnya dibuang selpas dia menyedari kesalahan dan menyesal…Tanah yang dibeli oleh para imam itu bisa saja tanah yang lain…ini namanya tafsir Bible sama juga dengan Tafsir Quran….

        Suka

      • almubayyin berkata:

        jika menjawab, perhatikan ayatnya terlebih dahulu :
        “..Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.”

        setelah membeli sebidang tanah, lalu ia jatuh..

        kapan ia jatuh..?! gunakan logika yg benar, yakni setelah ia membeli sebidang tanah.. bukan setelah digantung.. jelas bukan..?!

        di dalam ayat sebelumnya diceritakan,
        ayat 3 Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,

        mana ada kata mengembalikan SEBAGIAN dibelikan tanah dan SEBAGIAN dikembalikan..?
        tetapi yg ada “mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu” ..

        bisa ente jawab, yang dimaksud tanah darah itu, dikarenakan “dibeli dengan uang darah” (atau sebab semua penduduk Yerusalem mengetahui keadaan Yudas yg berdarah2 mati jatuh tertelungkup setelah membeli tanah tsb,sehingga tanah itu dinamakan Hakal Damma..
        karena di matius 27 tidak ada berita Yudas berdarah darah.. hanya kalimat yg ada adalah “uang darah”, uang yg dihasilkan krn perbuatan menjadikan Yesus dihukum mati, bukan krn Yudas berdarah2.. tdk ada cerita Yudas berdarah2..

        Suka

      • andreas berkata:

        sebenarnya hal tersebut bukanlah konntradiksi jika kita mau mempelajari konteks dari kedua ayat tersebut. penulis kitab matius dan kisah para rasul adalah orang yang berbeda dan melihat peristiwa dari sudut pandang yang berbeda pula. lukas ( penulis kisah para rasul) adalah seorang dokter jadi tidak mengherankan jika dia menjelaskan secara detail kematian yudas.
        penjelasan yang masuk akal adalah, yudas gantung dari menjelang paskah, umat yahudi dilarang menyentuh mayat pada saat paskah, sehingga mayat yudas tergantung dalam waktu yang cukup lama,mengalami proses pembusukan dan pada akirnya jatuh dan mudah sekali untuk pecah.

        saya kira penjelasan ini masuk akal dan sekali lagi pernyataan kalau Alkitab itu eror harus dikaji lagi. terimahkasih.

        Suka

      • almubayyin berkata:

        jika mau komen, sebaiknya lu cari kesalahan dari kalimat ane di tulisan tersebut bro.. cari kata di dalam kalimat gw mana yg salah, kemudian seharusnya diganti kata apa di dalam kalimat tersebut..

        jadi, jangan menjawab dari analisa pribadi, tanpa memberikan koreksi atas kalimat yg gw masalahkan.. mulai siapa yg membeli tanah, dibelinya saat Yudas dah mati atau belum, siapa yang membeli tanah.. dsb.. dsb.. ikuti aja arah tulisan gw, kemudian cari kata di dalam kalimat gw yg salah.. mudah bukan..?! nanti akan tampak kontradiksinya.. jelas..?!

        Suka

  3. inrianto berkata:

    Alkitab bukanlah kitab suci? Allah tidak pernah menurunkan atau memberikan suatu “buku/kitab” yang disebut “suci” sebagai pedoman hidup kepada manusia. Yang ada adalah Allah memberikan wahyu/firman kepada orang-orang pilihan (nabi), kemudian nabi mengajarkannya kepada orang-orang, kemudian diantara orang-orang itu ada yang menuliskan/membukukan apa yang diajarkan nabi, apa yang dilakukan nabi, beserta peristiwa yang menyertainya, jadilah tulisan/buku yang saat ini disebut sebagai “kitab suci”. Pada prinsipnya Alkitab sebagai sebuah buku tidak lebih suci dari buku-buku yang ada di toko buku. Karena itu kami orang kristen tidak memperlakukan alkitab secara istimewa. Mau ditaruh di tempat khusus, mau ditaruh di lantai, mau ditaruh dimanapun tidak masalah, mau dibuang di tempat sampah, mau dibakar juga tidak masalah, kami tidak “mensucikan/mengkeramatkan” alkitab. Perlakuan terhadap alkitab sama seperti perlakuan terhadap buku2 lainnya. Yang disebut taurat itu bukan bukunya, yang disebut injil juga bukan bukunya, tetapi ajarannya. Apakah kitab Matius, kitab Markus, kitab Lukas, kitab Yohanes adalah kitab injil? Bukan, tetapi Injil memang tertulis di keempat kitab tersebut, yang disebut injil adalah apa yang diajarkan oleh Yesus.

    Kalau saudara mengatakan alkitab adalah buku sejarah, tidak salah juga kok, salah satu isi alkitab memang sejarah. Secara garis besar isi alkitab dapat dikelompokkan sebagai berikut :
    1. Firman Allah : apa yang diucapkan atau diperintahkan Allah kepada manusia
    2. Sejarah : menceritakan suatu peristiwa termasuk kisah nabi-nabi
    3. Puisi : berisi pujian kepada Allah sebagian besar oleh Daud dan Salomo
    4. Surat para rasul yang berisi ajaran-ajaran kekristenan
    5. Wahyu atau nubuat mengenai hal-hal yang akan terjadi.

    Isi dari “sejarah” bisa saja tidak 100% persis sama karena tergantung dari kesaksian narasumbernya sebagai contoh kisah kematian yudas di atas. Tetapi justru adanya “kesaksian yang agak berbeda” dalam sejarah ini membuktikan tidak ada rekayasa dalam penulisannya, ditulis apa adanya sesuai kesaksian orang yang terlibat dari sejarah itu. Kalau demikian bagaimana dengan keabsahannya?
    Menurut saudara siapa yang menulis alkitab? apakah kitab taurat ditulis oleh Musa? Apakah kitab injil ditulis oleh Yesus? Apakah alquran ditulis oleh Muhammad? Saya jawab tidak. Mengenai keakuratan atau keabsahan atau ke-OTENTIK-an dari kitab2 tersebut sudah ada para ahli dari berbagai latar belakang ilmu yang mengkajinya. Ada pro ada kontra ada perdebatan. Mau percaya yang pro atau percaya yang kontra itu adalah pilihan masing-masing individu.

    Mengenai klaim saudara bahwa alkitab banyak errornya, itu karena sudut pandang saudara saja. Jika dikaji dari sudut pandang lain jawaban dari error yang saudara katakan sebenarnya ada di dalam alkitab itu sendiri. Contohnya kontradiksi cara mati yudas diatas. Menurut saudara itu adalah kesalahan fatal karena saudara mengkaji berdasarkan perbedaan apa yang tertulis. Tetapi saya memandangnya dari sudut pandang lain, yang ingin ditunjukkan oleh Matius maupun Kisah Para Rasul bukan bagaimana yudas mati, tetapi mengapa yudas mati dan bahwa dengan kematian yudas itu membuktikan kebenaran dari nubuat nabi.

    Suka

      • Roni Gipin berkata:

        bisa sahaja ada percanggahan fisik dalam Bible…contoh Tuhan katakan tidak baik lelaki ini keseorangan lalu dia memberikan Hawa kepada Adam (kejadian) tetapi Rasul Paulus katakan baik juga kalau lelaki ini tidak berkahwin. pendapat ini bercanggah kiri dan kanan. justeru percanggahan fisik/luaran ini perlu ditafsir dengan hikmat dan akal budi. Saudara berani mengatakan Quran tiada percanggahan(mungkin karna Khalifah Uthman dan pemimpin kerajaan Umayyah sudah membuang versi quran yang bercanggah….) saya anjurkan agar saudara secara tuntas menyelidik kesilapan dalam Quran secara ikhlas dahulu…fahami ajaran agama saudara dengan tuntas, saya percaya saudara akan masuk syurga gantinya kalau saudara menyibukkan diri saudara mencari kesalahan agama lain itu tidak akan membawakan berkat syurga kepada saudara…

        Suka

      • almubayyin berkata:

        sudah ane pelajari, bahwa Bible terlalu banyak kontradiksi nya, dan ane pelajari kontradiksi di dalam Al Quran bisa ane jawab semua krn ternyata tidak kontradiksi.. sebagian sudah ane jawab, dan sebagiannnya sudah dijawab saudara2 ane di artikel tulisan yg lainnya..

        ane tantang ente jika ente berani, 1 kontradiksi Bible vs 1 kontradiksi Al Quran.. kita kupas satu-satu, kemudian akan kita simpulkan.. bagaimana..?! berani..?!

        Suka

    • andreas berkata:

      kesalahan anda sebenarnya adalah anda belum mengarti makna kontradiksi, kontra diksi artinya berlawanan. kontradiksi pasti berbeda, tetapi perbedaan blm tentu kontradiksi.
      saya beri contoh :
      kontradiksi -> sumber A mengatakan anak itu mati, tetapi sumber B mengatakan anak itu hidup, Ini kontradiksi krn jelas berlawanan.
      kalau perbedaan -> sumber A mengatakan anak itu mati karena tertabrak mobil, lalu sumber B mengatakan anak itu mati karena pendarahan otak. apakah ini bisa dikatakan kontradiksi? tentu tidak mas almubayin. kita harus lihat dari berdasarkan konteks kejadiannya.
      nah menurut saya kisah di matius dan kisah pararasul lebih merepresentasikan terhadap kesan yg “berbeda” bukan kontradiksi dan jika dikaji lebih dalam lagi melalui pendekatan budaya, sejarah, kepercayaan zaman itu maka bisa dijelaskan secara logika dan masuk akal.

      Suka

      • almubayyin berkata:

        yang dimaksud kontradiksi di tulisan tersebut adalah, salah satunya bisa jadi benar dan satunya pasti salah.. tidak mungkin dua-duanya benar..
        artinya kontradiksi tentang benar dan salah, satunya benar dan satunya salah..

        tetapi jika ente bersikukuh dengan mengatakan bukan kontradiksi, tetapi berbeda, silahkan.. itu tidak menjadi masalah..
        yang menjadi masalah adalah, terdapat error di dalam sebuah buku (kitab) yang akan dijadikan referensi.. ataukah Roh Kudus saat membimbing penulis Bible adalah Roh Kudus yang berebda.?! karena yang mereka tulis banyak yang berbeda..
        error dalam memberikan informasi, karena satu dengan yang lainnya berisi informasi yang berbeda..
        semisal :

        Berapakah tentara berkuda tawanan Daud?
        a. 1700 orang (II Samuel 8: 4)
        b. 7000 orang (I Tawarikh 18: 4)

        Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud?
        a. 700 ekor (II Samuel 10: 18)
        b. 7000 ekor (I Tawarikh 19: 18)

        Yang dibunuh Daud, pasukan berkuda atau pasukan jalan kaki?
        a. 40.000 pasukan berkuda (II Samuel 10: 18)
        b. 40.000 pasukan berjalan kaki (I Tawarikh 19: 18)

        Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang?
        a. 800 orang (II Samuel 23: 8)
        b. 300 orang (I Tawarikh 11: 11)

        Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel ?
        a. 800 orang (II Samuel 24: 9)
        b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21: 5)

        Berapakah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman)?
        a. 40.000 kandang (I Raja-raja 4: 26)
        b. 4000 kandang (II Tawarikh 9: 25)

        dan ratusan yang lainnya..

        Jika saja ada koran yang menulis berita error seperti itu, tentu kita sepakat bahwa koran tersebut gak valid isinya.. not recommended..
        Pada saat kita membaca Bible yang simpang siur beritanya seperti di atas atau ratusan yang lainnya, tentu seharusnya kita juga sepakat mengatakan bahwa Bible gak valid isinya.. not recommended.. betul..?!

        Suka

    • almubayyin berkata:

      masalahnya adalah, Bible itu sumber dari ajaran sebuah agama, yakni Kristen..
      jika sumbernya sudah simpang siur, pertanyaannya berikutnya adalah bagaimana ajaran agama yg bersumber dari kitab/buku yg simpang siur dan error itu bro..?!

      jika ada buku pelajaran yang error dan banyak kesalahan serta simpang siur, tentu seorang dosen atau guru yang pintar dia tidak akan mereferensikan buku tersebut untuk dijadikan sumber pengetahuan bagi para mahasiswanya atau murid2nya.. betul..?!

      Suka

    • Andreas Agus Endrianto berkata:

      saya tahu bapak adalah orang yang berpendidikan tinggi,terlihat dari pengetahuan yang bapak miliki, sedangkan saya baru mahasiswa. akan tetapi saya bersyukur bisa berdiskusi disini, justru dengan ini saya tertantang untuk semakin mempelajari Akitab. saya ysangat kagum dengan pengetahuan bapak, akan tetapi alangkah mulianya jika kita sesama pencari kebenaran berdiskusi menggunakan bahasa yang santun,
      untuk pertanyaan bapak akan saya cari jawabannya !

      tapi saya ada pertanyaan pak, islam mengajarkan bahwa surga bisa dicapai denga menjalankan syariat dan berbuat kebaikan, Adakah tolok ukur yang pasti apabila menjalankan hal-hal tersebut sehingga kita dapat masuk Syurga?

      di dalam doa yang anda imani pun anda meminta di tunjukan jalan yang lurus (“Indinash shiraathal mustaqiim” Tunjukanlah kami jalan yang lurus …(Al Fatihah, 1:6).

      “Yaa ayyuhai ladziina aamanut taqullaaha wabtaghuu ilaihi wasiilata …”
      Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepadaNya…(Al Maidah, 5:35). jalan lurus itu mengacu kepada apa atau siapa?

      apakah ayat AL-QURAN ini bisa menjadi jawaban nya pak?
      “Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim…”
      Dan sesungguhnya Isa itu benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat kerana itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah Aku. Inilah jalan yang lurus …
      (Az Zukhruf, 43:61)
      “… arsalnaa ilaihaa ruuhanaa fa tamatstsala lahaa basyaran sawiyya.”
      Kami mengutus Roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya menjadi Manusia yang sempurna…(Maryam, 19:17)
      “Laa mahdia illa isabnu Maryama…”Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra Maryam…(Hadis Ibnu Majah)

      mengapa jalan lurus tersebut mengacu kepada ISA?
      saya tunggu pemikiran bapak, God bless you

      Suka

    • almubayyin berkata:

      masalahnya adalah, Bible itu sumber dari ajaran sebuah agama, yakni Kristen..
      jika sumbernya sudah simpang siur, pertanyaannya berikutnya adalah bagaimana ajaran agama yg bersumber dari kitab/buku yg simpang siur dan error itu bro..?!

      jika ada buku pelajaran yang error dan banyak kesalahan serta simpang siur, tentu seorang dosen atau guru yang pintar dia tidak akan mereferensikan buku tersebut untuk dijadikan sumber pengetahuan bagi para mahasiswanya atau murid2nya.. betul..?!

      Suka

      • Alx berkata:

        Hmm,, okee.. masalahnya dalam pengalaman saya kuliah,, saya dianjurkan untuk mencari dan membaca buku sebanyak mungkin. Tidak ada kata haram dalam membaca buku, yang haram adalah ketika kita membacanya, namun tidak mampu memahami, memilah dan mengembangkan pesan kebenaran yang ingin disampaikan penulisnya. Begitu juga ketika membaca alkitab, seperti kata pak irianto, anda bisa menjadikannya sebagai refrensi untuk mempelajari sejarah, puisi, atau yudas. Tapi bukan itu yang ingin disampaikan oleh penulisnya(roh kudus). Buku ini ditulis agar kita dapat menemukan Yesus. Kebiasan penulisan tentang yudas, tidak akan mengurangi kebenaran tentang Yesus. Meskipun dapat dijadikan refrensi buku sejarah, sastra, diari, dll, namun buku alkitab akan sangat berguna jika dibaca untuk mencari Yesus.

        Suka

      • almubayyin berkata:

        tidak masalah kita mau membaca berbagai macam buku, tetapi pada akhirnya kita akan bisa memilih dan memilah mana buku yang bisa dijadikan referensi sebuah keilmuan dan mana yang tidak..

        ternyata kita bisa mendapatkan begitu banyak kesalahan dan kontradiktif di dalam Bible, tentu kita bisa memilah dan memilih juga bukan..?! apakah Bible layak dijadikan sumber satu2nya keilmuan bagi kita..?!
        yang jadi masalah adalah, buku error dan kontradiktif tersebut menjadi satu-satunya sumber keilmuan ajaran Kristen.. bahkan dijadikan kitab suci dan diyakini sebagai firman Tuhan..

        jika yg penuh error dan kesalahan fatal dan kontradiktif itu adalah buku dongeng, itu gak masalah.. jika buku sbg sumber keilmuan..?! sekali lagi, keilmuan dan bukan dongeng bro..

        apakah Tuhan tidak bisa menjaga firman-firmannya..?! sehingga firmannya sudah jadi error dan kontradiktif gak karuan seperti itu..?! masak Tuhan mau dikatakan berfirman tapi error dan kontradiktif..?! ini akan menjatuhkan martabat Tuhan bukan..?! pasti Tuhan tidak serendah itu bukan..?!
        ATAUKAH MEMANG TUHAN SEDANG MERENCANAKAN PENGGANTIAN KITAB SUCI TERSEBUT..??!!
        jika demikian, berarti pengganti kitab suci Injil pasti sudah ada, pada saat kita mendapati ternyata Injil sudah tidak murni lagi, firman2 Tuhan sudah tidak suci lagi krn dicampuri tangan2 kotor manusia.. masuk akal..?!

        ITU SEMUA SUDAH DALAM PERENCANAAN TUHAN .. TUHAN TIDAK MUNGKIN SALAH SOB…

        Suka

      • Alx berkata:

        Nahh,, it dy broo… emang benar alkitab adalah sumber dari ajaran Gereja tapi bukan satu-satunya.. kenapa alkitab? Bagi kami para pengikut Kristus, Kristus adalah sosok Allah yang karena kasihnya turun ke dunia hidup menderita bersama manusia, namun tidak berdosa seperti manusia, dia mati lalu bangkit kembali dan naik ke surga. Dan Kristus, Allah, ingin kita semua manusia pun jadi seperti dia, mengalami kebangkitan dan dapat bersatu dengan Allah. Lalu kemana kita harus mencari Kristus untuk dapat memperoleh kesempurnaan seperti Dia..? Gk mungkin dari kitab orang yahudi, at muslim, at hindu at budha knn..? Tentu saja dari alkitab.. yang ditulis oleh orang2 yang secara istimewa dipilih oleh kristus sendiri, yang menyaksikan bagaimana Yesus hidup, bagaimana Dia disiksa, bagaimana Dia mati, bangkit kembali, dan terangkat naik ke surga.
        Pada dasarnya alkitab lahir sebagai alat untuk membantu tugas pewartan pada jaman Gereja2 awal berupa tulisan2 dan surat2 para rasul. Maka dari itu alkitab adalah pelengkap dari ajaran mereka, dan otoritas pengajaran mereka di teruskan turun temurun melalui pentahbisan rasul2 baru sampai sekarang yang kita kenal dengan istilah paus, kardinal, uskup, pastor yang kita sebut dengan tradisi suci. Dari penjelasan ini, ada 3 pilar utama ajaran kristiani, alkitab, pengajaran gereja, dan tradisi suci. Alkitab tidak lebih penting dari pengajaran gereja dan tradisi suci, atau sebaliknya. Ketiganya merupakan mekanisme yang tidak terpisahkan, saling melengkapi satu dengan lainnya.
        Mungkin aneh bagi anda bahwa Yesus jauh2 datang ke dunia tidak meninggalkan kitab, namun malah membangun umatnya di atas kemanusiaan dan ke ilahian manusia. Namun itulah iman kami. Dalam ajaran kristiani, Allah melihat dan menempatkan manusia sebagai mahluk ciptaannya yang memiliki kapasitas yang jauh lebih padat daripada sebuah kitab, sehingga ajaran-ajaran kristiani terutama di jaman modern ini sangat kental dengan nilai-nilai kemanusiaannya. Bukankah itu indah?

        Suka

      • almubayyin berkata:

        gw mo tanya mo lu bro..

        ajaran Yesus selain di Bible, tertulis di mana bro..?! adakah sumber keilmuan lain selain bible..?!
        jika tidak ada, berarti bible adalah satu-satunya sumber keilmuan/referensi ajaran Kristen bukan..?!

        jika ada sebuah sekolahan ternyata sumber ilmunya error, apakah yang pasti akan terjadi..?! sebuah kepastian yang pasti akan terjadi adalah, kesalahan/error di dalam pemahaman mereka dari pemahaman yang sebenarnya alias pemahamannya pun akan error.. betul..?!

        jika para penulis bible adalah orang-orang terpilih, apalagi dapat instruksi dari roh kudus yang sama..
        pertanyaannya adalah, apakah roh kudusnya yang sedang pusing saat membimbing penulisan itu..?! atau roh kudusnya memang suka mencla-mencle sehingga bimbingannya juga gak sinkron bro..?! hee..

        Suka

      • Alx berkata:

        Ajaran Yesus tertulis di mana..? Kalau mengikuti pola pikir anda bahwa satu2nya cara allah berbicara dengan manusia adalah melalui tulisan dan menulis harus di kertas, maka menurut iman saya tidak ada kertas di dunia ini, seberapapun banyaknya, seberapapun besarnya yang mampu menuliskan ajaran-Nya secara utuh(Maka dari itu yesus tidak menulis buku). Ajaran Yesus tertulis dalam karyanya, tertulis dalam sanubari para rasul(yang lalu menuliskan injil), pengikutnya yang setia, serta penyertaannya sepanjang sejarah hidup manusia dalam Roh Kudus(yang dalam tradisi gereja terwujud dalam sakramen). Sekarang saya bertanya pada anda, apakah menurut anda Allah dapat di rangkum dalam sebuah buku?
        Refrensi tertulis yang utama memang benar, karena seperti yang sudah saya katakan, kita mau mencari kemana lagi kalau bukan dari tulisan orang2 yang sangat istimewa dalam karya Yesus. Tapi sebagai orang kristiani yang baik, selain membaca alkitab, juga membaca banyak sekali tulisan2 para bapa Gereja(yang refrensis utamanya adalah injil) salah satunya seperti gaudium et spes, dll, serta banyak sekali tulisan2 filsuf gereja(yang juga didasarkan pada injil) yang populer dan memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan pemikiran dan pandangan gereja seperti contohnya suma theologica, theology of the body, dll… itulah yang saya lihat sebagai elemen kontinuitas dari injil. Injil tidak berhenti hanya pada alkitab saja, namun berkembang seiring berkembangnya peradaban manusia (maka dari itu elemen manusia penting dalam ajaran gereja dan karya Allah) tanpa kehilangan semangat ajaran Yesus Kristus, yaitu kasih. Kasihilah Tuhan Allahmu lebih dari segala apapun yang ada di dunia ini, dan kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri. Bagaimana dengan sodara, apakah apakah menurut sodara seandainya semua orang memahami dan mengamalkan kasih, maka dunia ini akan damai seperti di surga?
        Seperti yang sudah saya katakan, dalam konteks penulisan di atas, dalam alkitab, Roh Kudus tidak sedang menuliskan tentang yudas, namun tentang Allah, dan penyelamatan manusia. Roh Kudus,Allah, tidak mencla-mencle. Lalu mengapa injil hadir dalam bentuk yang beragam? Allah bekerja dengan cara yang kompleks, dan keberagaman adalah salah satu ciri khas kompleksitas karya Allah, melalui keberagaman ini lah karya Allah yang sempurna terwujud. Bagaimana menurut sodara, apakah sodara menghargai keberagaman?

        Suka

      • almubayyin berkata:

        baiklah, anggap saja omongan lu bener.. tertulis dalam sanubari para rasul kristen, termasuk para penulis Bible..

        nah, pada saat si para penulis Bible itu menuliskan apa yg tertulis di dalam sanubari mereka, ternyata berbeda-beda versinya.. betul..?!

        katanya mereka menulis Bible dibimbing roh kudus yang sama, mengapa saat si roh kudus itu membimbing si para para penulis Bible ternyata ilhamnya berbeda dan kontradiksi..?! bukankah hal ini justru menunjukkan si pembimbing para rasul kristen itu suka error..?!

        tolong dijawab, saat menulis Bible, menurut kepercayaan lu, si para rasul dibimbing siapa..?!
        bisa jawab..?! agar tulisan gw di atas semakin dipertegas kebenarannya..?! monggoo..

        Suka

  4. atiq berkata:

    ihh… gemmesss dech baca comment org non muslim diatas. berusaha membenarkan ajaran agamnya kok malah nunjukkin kebodohannya sendiri dan kebrobrokan agamanya sendiri scr tdk sadar tapi terasa terang-terangan g2.

    Suka

  5. Alx berkata:

    Waduhh,, sodara sodari.. jangan gemes2an lahh,, saya jadi geli.. hhehe…itu namanya iman, kepercayaan..apa dasar iman dan kepercayaan, itulah yang membedakan setiap individu.. anda mungkin mendasarkan iman dan kepercayaan anda pada empirisitas, hukum, ketepatan kata, kalimat, dll. sedangkan kami mendasarkan iman kami pada Yesus Kristus, kasih, dan perintahnya. Mungkin itu yang membuat anda begitu tertarik dengan kisah yudas ini, begitu juga kami, tapi kami tidak terlalu fokus pada hal tersebut, karena apalah artinya yudas jika Yesus telah di salib dan mengorbankan dirinya bagi kita semua agar selamat dan dapat bersatu dengan Allah? Bagaimana yudas mati? Siapa yang tahu.. Yang terpenting bagi kami adalah Menerima Yesus dan hidup dalamnya, itu merupakan fokus utama dari iman kami sehingga kami tidak meneliti kitab kami tentang bagaimana yudas mati. Yesus memang tidak meninggalkan kitab untuk dunia,, tapi dia meninggalkan ‘Gereja-Nya’, tubuhnya yang hidup dalam rasul-rasul pilihannya, serta orang-orang yang menerimanya dalam hidupnya. Dari manusia-manusia itulah Allah berkarya, pada manusia-manusia itu Gereja didirikan, alkitab terlahir dalam kelemahan sekaligus kesempurnaan manusia, dinamika manusia, dosa, pertobatan, kebangkitan, dan karya ilahi segala kemanusiaan sekaligus keilahian manusia itulah yang menjadi dasar fondasi utama gereja di dunia.
    Itu memang hak anda untuk menyebut kami bodoh, bobrok, dll.. kami bisa menerima itu karena memang sulit untuk memahami misteri Allah dan kehidupan ini, apalagi karena anda tidak mengimani apa yang kami imani…
    Namun bagi kami, anda menilai kami seperti menilai ikan sebagai pohon. Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, karena anda menilai kami bukan dari bagaimana cara kami beriman, tapi dari bagaimana cara anda beriman sehingga sulita bagi anda untuk memahami iman kami. Terima kasih…

    Suka

    • almubayyin berkata:

      hmm..

      bukankah sebelum seseorang percaya pada sebuah buku, dia harus mengetahui apakah buku tersebut bisa dipercaya ataukah tidak..?!
      ataukah kita mmg sudah terbiasa dengan taklid buta, bener salah pokoknya harus percaya..?!

      jika ada sebuah buku sebagai referensi utama sebuah pelajaran, entah di sekolah atau kampus, kemudian kita menemukan ternyata di buku tersebut terdapat error yg amat sangat banyak dan kesalahan yg sangat fatal krn kontradiksi. Pertanyaannya adalah, apakah seorang guru/dosen yang baik dan pintar akan tetap memerintahkan murid2nya/mahasiswanya untuk menggunakan buku tersebut sebagai referensi atas semua keilmuan mereka..?!

      seorang guru yang baik dan pintar tentu akan melarang keras para muridnya/mahasiswanya untuk menjadikan buku tersebut sbg referensi utama dan satu2nya sebuah pelajaran. para guru/dosen pasti akan memerintahkan buku tersebut untuk dibredel.. betul..?!
      tentu sang guru sadar, apa yg akan dihasilkan oleh murid/mahasiswa yg menjadikan sebuah buku yang error dan penuh kontradiksi, yakni sebuah keilmuan yg salah kaprah dan membingungkan..

      bukankah bible adalah referensi utama sebuah ajaran, yakni ajaran kepercayaan kristen..?!
      dan ternyata ditemukan terlalu banyak error dan kesalahan fatal di dalam Bible.. apakah buku tersebut layak tetap dijadikan referensi sebuah keilmuan..?! ingat sebuah keilmuan yg menelorkan sebuah kepercayaan.. bukan sekedar buku cerita atau dongeng..
      jika kesalahan terjadi pada buku cerita dan dongeng, it’s no problem.. apakah mmg Bible hanya sebuah buku cerita dan dongeng belaka..?!

      Suka

  6. lutfi berkata:

    Jika bible di turunkan melaui yesus kenapa kematian yesus ada dalam bible,terus ayat tersebut di turunkan melaui siapa jika yesus sendiri sudah mati

    Suka

  7. anonymous-2 berkata:

    Yg 1 menjelaskan, yg 1 membaca tapi tidak (mau) mengerti (mungkin krn sudah ada kecendrungan menyalahkan).

    Alx: Dari penjelasan ini, ada 3 pilar utama ajaran kristiani, alkitab, pengajaran gereja, dan tradisi suci. Alkitab tidak lebih penting dari pengajaran gereja dan tradisi suci, atau sebaliknya.
    Almubayyin: ajaran Yesus selain di Bible, tertulis di mana bro..?!
    Berarti keterangan Alx sudah dibaca tetapi kurang dicerna.

    Alx: Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, karena anda menilai kami bukan dari bagaimana cara kami beriman, tapi dari bagaimana cara anda beriman sehingga sulita bagi anda untuk memahami iman kami.
    Almubayyin: bukankah sebelum seseorang percaya pada sebuah buku, dia harus mengetahui apakah buku tersebut bisa dipercaya ataukah tidak..?!
    Berarti keterangan Alx sudah dibaca tetapi kurang dicerna.

    Orang kristen beriman bukan dari buku.
    Ada panggilan Yang Mulia, org yg rendah hati dan berpikiran tulus lebih bisa menerimanya.
    Orang kristen tidak menSucikan Kitab dan tidak mengandalkan Kitab Suci utk iman.

    Menyalahkan dari aspek buku, ibarat anak sekolah musik menyalahkan perguruan menari, ‘kenapa coret2annya ngaco’.
    Sekolah saja tidak semuanya harus pakai buku-paket, apalagi perguruan menari.
    Kalaupun ada coret2an dari para siswa, itu cuma alat bantu mengingat dari masing2 siswa atau alat bantu menyampaikan ke temannya.
    Secara praktis, ilmu bisa diajarkan tanpa buku-paket melainkan dari ceramah, pembimbingan asistensi lanjutan, studi lab, praktek lapangan, dll.

    Bagi org yg rendah hati dan berpikiran tulus, semoga kalian lolos ujian.
    Kisah Yudas ini mungkin salah satu ujian, siapa yg cendrung merasa pintar lalu berpikir negatif, siapa yg sebaliknya
    (bukankah org yg gantung diri bisa saja diturunkan setelah mati lalu terjatuh, atau jatuh sendiri akibat tali putus krn berat, lalu perutnya yg buncit menghantam tanah dari tempat tinggi (gantungan) hingga pecah?).

    Friends, jangan terlalu mengandalkan nalar manusiawi, kemampuan kita terbatas, apalagi yg sudah punya kecendrungan ke pihak tertentu.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      pertanyaan gw sederhana saja pren..

      lu akuin bahwa Bible buku yang error apa kagak..?!

      itu saja dulu, nanti akan kita lanjutkan dengan pertanyaan berikutnya tentang referensi yg benar untuk pengetahuan yg benar dst.. dst..

      orang yang berTuhankan patung, berhala dan sebagainya pun mereka mengaku bahwa itu panggilan yang mulia..

      inti dari tulisan gw di atas adalah, minta pengakuan jujur dari lu, apakah Bible adalah buku (referensi) yang error..?!
      JAWAB DENGAN JELAS BRO..!!! YES OR NOT..?!

      jika jawabannya YES, kita sudah sepakat.. jika jawabannya NO, maka kita akan adu argumen lagi bro.. MONGGO…!!!

      Suka

    • almubayyin berkata:

      Yg 1 menjelaskan, yg 1 membaca tapi tidak (mau) mengerti (mungkin krn sudah ada kecendrungan menyalahkan).

      Alx: Dari penjelasan ini, ada 3 pilar utama ajaran kristiani, alkitab, pengajaran gereja, dan tradisi suci. Alkitab tidak lebih penting dari pengajaran gereja dan tradisi suci, atau sebaliknya.
      Almubayyin: ajaran Yesus selain di Bible, tertulis di mana bro..?!
      Berarti keterangan Alx sudah dibaca tetapi kurang dicerna.

      Jawab :

      pengajaran gereja dan tradisi suci dapat referensi dari mana bro..?! tanpa Bible, dari mana sumber pengajaran gereja..?!

      apakah nunggu roh kudus..?! roh kudus yg membimbing para penulis Bible terbukti terlalu sering salah kasih ilham.. mau bukti..?! jika mau, bisa kita buka sekian banyak kontradiksi yg ada lainnya bro..

      tradisi suci..?! dari mana referensi tradisi suci..?! sedangkan saat Yesus tidak mengajarkan tradisi gereja..?!
      apakah roh kudus yg mengajarkan..?!
      roh kudus yg membimbing para penulis Bible terbukti terlalu sering salah kasih ilham.. mau bukti..?! jika mau, bisa kita buka sekian banyak kontradiksi yg ada lainnya bro..
      +++++++++++++++++++++++

      Alx: Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, karena anda menilai kami bukan dari bagaimana cara kami beriman, tapi dari bagaimana cara anda beriman sehingga sulita bagi anda untuk memahami iman kami.
      Almubayyin: bukankah sebelum seseorang percaya pada sebuah buku, dia harus mengetahui apakah buku tersebut bisa dipercaya ataukah tidak..?!
      Berarti keterangan Alx sudah dibaca tetapi kurang dicerna.

      Jawab : bagaimana cara kalian beriman, kita kupas salah satunya melalui ayat di atas.. ternyata cara beriman kalian, gak perduli Bible sbg kitab suci terbukti error, pokoknya imani sajalah, tutup mata dan tutup telinga..

      shingga ane mengangkat sumber iman ante padhe, yakni Bible.. bukankah pengajaran keimanan kalian tercantum di dalam Bible..?!

      apakah ada sumber lain selain Bible..?! nunggu roh kudus..?!
      roh kudus yg membimbing para penulis Bible terbukti terlalu sering salah kasih ilham.. mau bukti..?! jika mau, bisa kita buka sekian banyak kontradiksi yg ada lainnya bro..

      nalar akan kita gunakan untuk bisa memilah dan memilih mana yg bener mana yg kagak, mana yg harus dipilih dan mana yg harus ditinggalkan, dst..

      sekarang kita sdg mau memilih kitab yg dijadikan pegangan sbg sumber pengajaran dahulu, belum ke arah pengajarannya.. masak akal dibungkus dan ditutup dahulu, pokoknya harus imani saja, soal salah ato bener, error atau kagak gak usah dipikirin..?! hiks..

      gunakan akal sehat terlebih dahulu bro, akal sehat yg diberikan Tuhan untuk kita, agar pilihan kita kagak kliru.. baru kemudian iman jalan, setelah kita menetapkan pilihan.. jelas bukan..?!

      Suka

  8. Jaks berkata:

    Bro baca alkitabnya ga ada salahnya kan siapa tau ada yg bermanfaat, cb baca lebih banyak lagi siapa tau anda menemukan indahnya ajaran kristus tentang kasih, selamat membaca

    Suka

    • almubayyin berkata:

      bro, semakin gw baca semakin gw yakin bahwa Bible adalah buku yang error..

      apakah lu ada waktu untuk membuktikan dengan gw bro..?! karena gw sudah nyatat sekian banyak bukti ke-error-an Bible yg akan gw tanyakan.. bagaimana..?!

      Suka

  9. anonymous-3 berkata:

    Nalar yg berlaku umum adalah uang itu cuma 1 bagian.

    Bagaimana dg nalar berikut ini :
    1. Ada 30 coin uang.
    2. Yudas membeli tanah dg 20 coin.
    3. Peristiwa Yesus itu membuat Yudas menyesal, lalu be berniat membunuh diri.
    4. Krn ia akan mati, ia menyerahkan sisa uang itu ke Bait (tanah tak bisa dioper, cukup ditinggalkan saja).
    5. Imam2 Kepala mencegah uang itu dipakai ke Bait, lalu mereka berunding.
    6. Diputuskan uang sisa itu dijadikan tanah, memperbesar tanah yg telah dibeli semula oleh Yudas, sehingga cukup utk kuburan org asing.
    7. Tanah itu dinamakan Hakal-Dama.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      kita sedang membuktikan apakah berita yang dibawa Bible itu berita error atau tidak..

      1. lu bilang Yudas yang membeli tanah, sedangkan Matius 27;5 mengatakan yang membeli adalah para Imam Yahudi. Baca ayatnya :
      “Imam2 Kepala mengambil uang itu dan berkata “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Sesudah berunding mereka membeli tanah dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.” Matius 27:5. (Yang mebeli tanah para Imam Kepala..)

      berita mana yang bener bro..?! pasti ada salah satu beritanya yg error, yg berarti ayatnya error.. bisa lu terima..?!

      2. lu bilang Yudas menyesal dan bunuh diri, padahal Kisah Para Rasul 1;18 mengatakan Yudas itu JATUH dan tidak karena menyesal tuh..?! dah baca ayat ini :
      “..lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.”(Kisah 1:18).. (jatuh tertelungkup dan bukan menjatuhkan diri)

      mana yang bener beritanya bro..?! pasti salah satunya itu berita error, yg berarti ayatnya error.. lu setuju..?!

      3. Lu bilang sisa uang itu diserahkan ke bait suci..?! hmmm.. pernah lu baca ayat berikut ini bro..?!
      “Yudas ini telah membeli sebidang tanah…” Kisah 1:18.. (Yudas membeli sebidang tanah dan bukan menyerahkan uangnya ke bait suci)

      mana yang bener beritanya bro..?! pasti salah satunya itu berita error, yg berarti ayatnya error.. betul bro..?!

      4. Lu bilang Imam2 Kepala mencegah uang itu dipakai ke Bait, lalu mereka berunding. Padahal ayat di Kisah Para Rasul menyebutkan uang itu tidak pernah diberikan ke para Imam, melainkan dibelikan oleh Yudas sebidang tanah. pernah baca ayat ini bro..?!
      “Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup,..” (mana ada uang yang diserahkan ke bait suci..?! lha wonk uangnya itu dah dibelikan tanah jee.. hiks)

      mana yang bener beritanya bro..?! pasti salah satunya itu berita error, yg berarti ayatnya error.. bagaimana bro..?!

      5. Lu bilang Diputuskan uang sisa itu dijadikan tanah, memperbesar tanah yg telah dibeli semula oleh Yudas, sehingga cukup utk kuburan org asing. Ini karangan lu atau ada ayatnya bro..?! ha ha ha..
      Lha, Yudas aja gak ngasih uang ke bait suci khoq cfm Kisah Para Rasul 1;18..

      7. Benar namanya Hakal Dama, tetapi bisakah lu jelaskan mengapa disebut Hakal Dama..?! sudah baca tulisan gw..?! bisa jawab..?!

      Suka

    • almubayyin berkata:

      masalah koin, 30 koin dan 20 koin,, itu rekayasa ente sendiri atau dari dalil yg ada bro..?!

      jika rekayasa, biasalah, orang mencari pembenaran dan bukan kebenaran.. itu hal biasa bukan..?!

      jika ada dalilnya, silahkan masukkan dalil yg ada sebagai dasarnya..

      jika kita menerima dari dalil yg sudah sangat informatif tersebut adalah ayat satunya mengatakan yang membeli tanah adalah Yudas dan ayat satunya lagi yang membeli tanah adalah para Imam..
      dan tanah yg dibeli itulah yg akhirnya disebut tanah darah..

      sangat informatif bukan..?!

      Jika menggunakan ilustrasi koin, seharusnya beritanya adalah tanah yang dibeli Yudas dan para Imam adalah tanah darah..

      padahal yang tersebut di informasi (ayat di ats) tersebut bukan demikian, hanya menyebutkan salah satu di antara mereka saja, yakni satunya menyebut Yudas dan stunya menyebut para Imamlah yg membeli.. bukankah sangat informatif..?!

      dan yang membeli kedua-duanya tidak ada di dalam informasi tersebut..?! tidak salah bukan bila ane katakan itu kalimat rekayasa ente pribadi..?!

      Suka

    • almubayyin berkata:

      kita bukan sedang mau bernalar-nalar tentang yg tidak bisa dinalar, tetapi sebenarnya kita sedang membuktikan apakah Bible itu kitab error atau tidak.. GUNAKAN AKAL SEHAT KITA SEDIKIT SAJA< MAKA KITA AKAN BISA MENEMUKAN JAWABANNYA.. BETUL..?!

      Suka

  10. anonymous-3 berkata:

    Bukankah sudah dijelaskan di post sebelumnya:
    nalar bhw uang itu cuma 1 bagian -> ini pemikiran yg bikin mengira Yudas saja yg beli tanah.

    Kalau baca dan cerna dg akal sehat, di post itu jelas bhw Imam2 Kepala juga beli tanah (dg sisa uang yg dilempar Yudas)!

    Sudah ah, segan diskusi dg pembaca yg tidak pencerna.
    Terimakasih utk tempat & waktunya. Semoga Tuhan yg benar mendamaikan kita.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      apakah ente baca yg gw tanyakan di point2 tersebut..?!

      jika Bible tidak error, mudah bukan jawabnya..?!

      knapa maunya langsung kesimpulan..?! seharusnya, sebelum masuk ke kesimpulan, dicerna dulu kalimat per kalimat yg ada di ayat tersebut, kemudian nantinya kita akan mendapatkan sebuah kesimpulan yg benar..

      sebenarnya tidak rumit, sekedar membutuhkan akal sehat saja untuk menalar.. jawablah pertanyaan gw, maka nanti kita akan mengetahui isi kalimat tersebut.. jika ente kagak mau jawab, hanya maunya langsung lari ke kesimpulan doank tanpa mau melihat tulisan orang lain, maka sesungguhnya ente sedang mengunci akal sehat ente.. betul..?!

      Suka

  11. anonymous-3 berkata:

    Oiya fren, mungkin ini bisa membantu menjelaskan:
    – tetangga saya beli tanah, dia tak perlu menghabiskan uangnya, ada sisanya. sisanya itu bisa saja dijadikan (dibelikan) tanah tambahan lagi oleh anaknya.
    – ada org yg menyesali sesuatu lalu dia hampir terjatuh dari kendaraan, artinya bukan ia menjatuhkan diri.
    – misal ada org gantung diri, lalu talinya putus dan ia terjatuh, maka bisa jadi ada org sebut ia jatuh dan ada org lain cerita mengenai bunuh dirinya.
    hiks … benar2 tulisan saya udah pegal2 nulis banyak nyamuk begini ternyata tidak dicerna, malah saya disalahin. oaaa.
    selamat tinggal.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      lihatlah…!!! sekali lagi ente maunya lari ke kesimpulan, tanpa mau mengupas kalimat per kalimat.. hiks.. menyedihkan bro..
      gw kagak pernah menggal tulisan lu bro, justru lu yg menggal tulisan analisa lengkap gw.. lu kagak mau menjawab apapun, tetapi bisanya cuma maksain gw untuk mengikuti kesimpulan lu yg tanpa didasari pembahasan kalimat per kalimat yg ada. Pokoknya gw lu paksain harus percaya omongan lu yg tidak didasari dalil apapun jua..

      misal, lu karang ada uang sisa.. bisa lu jawab, dalilnya mana uang sisanya bro..?! he he..

      lu bilang, gantung diri trus talinya putus.. adakah dalil yang menjelaskan tentang tali putus..?! atau itu kalimat rekayasa lu..?! he he..

      apa sulitnya menjawab point per point pertanyaan gw yg ada bro..?! nanti akan tampak sangat jelas sekali bro..

      baca lagi point per point dari gw yg ada, kemudian jawab.. mudah bukan..?!

      Suka

  12. biarjelas berkata:

    Hakal Dama = tanah darah.
    Disebut begitu krn Yudas jatuh, perutnya terbelah, darah banyak ke tanah.

    Apakah hanya krn jatuh saja bisa bikin perut terbelah? Apakah jatuh dari tempat tinggi? Kalau pun jatuh dari tempat tinggi, kenapa gk orgnya cuma dikasi patah tulang.
    Itu jatuh yg tak biasa, makanya diberi nama yg heboh begitu dan jadi bahan cerita ke masyarakat.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      betul, jika melihat tiang gantung diri selama ini, kagak ada yg tinggi2 amat.. karena, yang mo gantung diri bakalan kesulitan naiknya.. ya tho..?! he he he..

      kalo di jurang..?! tanpa gantung diripun dia terjun dah mati.. gak perlu nyiapin tali segala.. ya tho..?! he he he..

      Suka

    • almubayyin berkata:

      “..Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. ”

      ayatnya informatif banget bukan..?! lalu ia terjatuh,. bukan gantung diri lalu mayatnya terjatuh..

      setelah membeli tanah,, lalu ia terjatuh..
      terjatuhnya Yudas setelah ia membeli tanah, bukan setelah ia gantung diri.. informatif banget bukan..?! kalimatnya sangat jelas sekali bukan..?!

      gantung diri merupakan sebuah peristiwa, dan itu bukan peristiwa biasa, jika penulis Bible mengetahui peristiwanya, pasti dia akan tulis hal tersebut.. kecuali dia tidak melihat peristiwanya, dan hanya katanya si anu katanya si anu yang gak jelas siapa yg bercerita..

      atau yg bercerita roh kudus..?! roh kudus lupa kasih info bahwa matinya tergantung dulu di tiang gantungan..?!
      abis cerita beli tanah trus menggunakan kata “lalu” ia terjatuh.. jika ia gantung diri, gak perlu sambungan kata “lalu” bukan..?! roh kudus khilaf kasih infonya yaa..?! hiks..

      jika ada keadaan demikian di dalam Islam, maka hadits (cerita) tersebut dianggap cerita palsu (hadits dhaif/maudhu’). Karena yang bercerita tidak melihat langsung peristiwa tersebut, hanya sekedar ‘kata orang”..
      Di dalam aturan ilmu hadits shahih, orang yg bercerita harus disebutkan nama orangnya scr jelas, agar bisa dinilai shahih atau tidaknya hadits tersebut..

      Suka

    • almubayyin berkata:

      Sebenarnya Yudas telah berjasa, bukan terkutuk, itu jika orang Kristen mau mengakuinya dengan jujur dan sportif serta dibimbing oleh logika yang sehat dan benar.
      mengapa..?!
      Bukankah Yesus digantung ditiang salib itu karena jasa Yudas..?! coba kalo Yudas tidak berjasa membantu penangkapan Yesus, tentu rencana penebusan dosa GATOT, alias GAgal TOTal.. ya tho..?! masuk akal sehat bukan..?! logikanya masuk bukan..?!

      itu jika mau jujur dan sportif lho.. pasti pengikut kepercayaan “penebusan dosa” mengakui bahwa teori “penebusan dosa” itu aktor utama atas kesuksesan rencana tersebut adalah Yudas..

      jika di dalam sepak bola, yang memberikan assist atas terciptanya sebuah gol adalah pahlawan juga. Yudas telah memberikan assist yang jitu untuk terciptanya gol atas sebuah kesuksesan terlaksananya moment penting di dalam kepercayaan para pengikut teori “penebusan dosa”, maka Yudas sesungguhnya adalah pahlawan yang berjasa besar atas “teori penebusan dosa” tersebut. ya tho..?!

      Tanpa Yudas, teori tersebut tidak akan pernah terlaksana.. betul..?! ayo kita belajar untuk bisa jujur dan sportif bro..

      Suka

      • Roni Gipin berkata:

        Bagaimana pula dengan 4 Nabi Abadi dalam Islam bro…kenapa Nabi Muhammad tidak tergolong dalam empat Nabi…Bagaimana pula dengan status dan otoritas Nabi Isa sebagai Nabi Agung dalam Al-Quran yang di iktiraf sendiri oleh Nabi Muhammad….saya hanya pernah membaca ini dari artikel di internet…mungkin saudara boleh jelaskan…moga-moga terbuka mata dan hati…

        Suka

      • almubayyin berkata:

        4 nabi abadi..?! mana ada dalilnya bro..?!

        Nabi Isa ‘alaihis sallam adalah salah satu nabi besar, tetapi bukan hanya Nabi Isa saja yang nabi besar, semua nabi punya kelebihan masing2.. sedangkan Nabi Isa banyak diceritakan, itu krn Nabi Muhammad adalah penerus dari nabi Isa, dan banyak umat Yahudi saat itu yg punya pengaruh dan hidup di jazirah Arab (Makkah dan Madinah)..

        tetapi inti dari cerita Nabi Isa, bahwa beliau adalah hanya seorang Nabi seperti nabi2 yg lainnya, hanya “MANUSIA” yang menjadi “UTUSAN” Tuhan saj, dan bukan Tuhan.. jelas bukan..?!

        Suka

      • Roni Gipin berkata:

        Sama seperti Nabi Muhammad…Saidina Ali menjadi penyelamat Islam. jika dia tidak menggantikan tempat tidur Nabi sudah pasti musyirikin Makkah sudah membunuh Nabi Muhammad. dan saudara pastinya tidak mengenal Islam…semuanya sudah ditentukan@takdir@Qadak@Qadar.

        Suka

      • almubayyin berkata:

        bedanya, Yudas dianggap terkutuk dan Ali tidak dianggap terkutuk bahkan mendapatkan pahala.. seharusnya Yudas pun dapat penghargaan oleh umat Kristen sedunia dan mendapat pahala, bukan malah dikutuk.. jelas bukan..?!

        bukankah ente menyamakan Yudas dgn Ali..?! betul..?! he he he..

        tulisan ente yang OOT (Out Of Topics) tidak ane tayangkan bro, krn bisa lari dari masalah yg sedang kita bahas (Yudas) dan gak ada hubungannya sama sekali..

        Suka

  13. kelincijingga berkata:

    Yah!! kalau ngarang cerita kayak gitu gua juga bisa ,,nih baca!!!

    Yudas telah membeli sebidang tanah ,tetapi tidak jadi karna terlalu mahal dan mengambil uangnya kembali Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri namun tidak mati lalu iya melompat kesungai jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem. Imam2 Kepala mengambil uang itu dan berkata “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.” Sesudah berunding mereka membeli tanah itu kembali dengan uang itu ditambah saweran imam2 kepala kemudian tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut “Hakal-Dama, ” artinya Tanah Darah.

    Mudah kan ??? dasar Kristen TOLOL

    Suka

  14. Andreas Agus Endrianto berkata:

    sebenarnya kita harus mengerti dahulu apa yang dimaksud dengan kontradiksi. ‘kontradiksi’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pertentangan antara dua hal yg sangat berlawanan atau bertentangan. jika kita mau belajar sungguh-sungguh tentang alkitab dan mempelajari konteks ayat tersebut maka pernyataan kontradiksi yang saudara nyatakan tidaklah kuat.
    penjelasan yang masuk akal untuk kedua ayat yang terkesan berbeda tersebut ( saya memakai kata “berbeda” karena berbeda dan kontradiksi itu tidak sama) seperti ini, penulis matius dan kisah para rasul adalah dua orang yang berbeda, yang menjelaskan kisah berdasarkan sudut pandang mereka ( tanpa mengurangi makna asli cerita sesungguhnya )
    penulis kisah para rasul adalah lukas seorang dokter, sehingga tidak mengherankan jika dia menjelaskan secara terperinci kematian yudas. kata kontradiksi tidak tepat jika kita melihat ilustrasi berikut, ada orang yang mati karena kecelakaan, orang awam bisa mengatakan korban mati karena tertabrak mobil, tetapi dokter bisa mengatakan korban mati karena fraktur tulang leher dan pendarahan hebat dikepala. kisahnya sama, dan kedua perkataan tersebutpun tidak ada yang salah hanya saja dilihat dari cara pandang yang berbeda.
    penjelasan yang masuk akal lainnya adalah jika kita mau mempelajari tentang aspek historis dan kultural bangsa yahudi. yudas mati mendekati paskah, dan bagi orang yahudi tidak boleh menajiskan diri dengan mayat pada hari paskah jadi tidak ada yang mengurusi mayat yudas yang tergantung. dengan berjalannya waktu proses pembusukan dimulai, mayat yudas mulai membengkak dan jaringan tubuhnya semakin rapuh sehingga pada akirnya jatuh, pecah dan organ dalamnya keluar.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      jika mau komen, sebaiknya lu cari kesalahan dari kalimat ane di tulisan tersebut bro.. cari kata di dalam kalimat gw mana yg salah, kemudian seharusnya diganti kata apa di dalam kalimat tersebut..

      jadi, jangan menjawab dari analisa pribadi, tanpa memberikan koreksi atas kalimat yg gw masalahkan.. mulai siapa yg membeli tanah, dibelinya saat Yudas dah mati atau belum, siapa yang membeli tanah.. dsb.. dsb.. ikuti aja arah tulisan gw, kemudian cari kata di dalam kalimat gw yg salah.. mudah bukan..?! nanti akan tampak kontradiksinya.. jelas..?!

      Suka

  15. Al Anshor berkata:

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Maaf semuanya kita tidak perlu bertengkar kebenaran sejati sudah datang pada Utusan Terakhir sebagai penyempurna bagi agama-agama nabi terdahulu dan itulah “Ahmad” yang kita kenal sebagai Muhammad SAW (Rosul Saya Tuh). Dan berikut juga Kitab yang turun kepadanya Al-Qur’an (Nah Kalo Ini Kitab Saya) menjadi penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya Taurat dan Injil. Maka tidak perlu berdalih karena sebenarnya Kalian Mengetahui apa yang benar dan apa yang harus dibenarkan. Tidak ada kesalahan dalam kitab-kitab sebelumnya (YANG ASLI), dan tidak ada keraguan didalamnya, namun Al-Qur’an lah yang menjadi penyempurna baginya. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dari kebodohan, dan semoga Allah memberikan petunjuk kebenaran bagi kita semua Amin.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Ehmm Ane Kasih Tantangan Kepada Kalian Semua yang percaya Tuhan Kalian Sebagai YESUS, beranikah anda meminta kepada PENDETA anda kebenaran sejati dan keselamatan bagi hidup.

    (Maka Sebutlah ASHHADU ALLA ILAHA ILLALLAH, WA ASHHADU ANNA MUHAMMADAR-RASULULLAH)

    Jika PENDETA ANDA ingin menyelematkan HIDUP ANDA.

    Suka

  16. Henry Jaya Teddy berkata:

    saya salut almubayyin, dengan pengetahuannya. saudara salah dalam mengangkat topik ini, karena jika saudara mengakui bahwa yudas mati, berarti Isa almasih benar disalibkan, karena di dalam alquran, menuliskan bahwa yang disalibkan itu adalah orang yang diserupakan, dalam umat islam bilang bahwa itu yudas. jadi sekarang pertanyaannya adalah mengakui yudas atau tidak ?, karena ini berhubungan dengan sangahan yang lain.

    Suka

    • almubayyin berkata:

      topik ini diangkat adalah untuk membuktikan kontradiksi di dalam Bible.. soal benar atau tidaknya cerita Bible itu, maaf, bukan tanggungjawab gw bro..
      gw cerita di atas bukan untuk mengakui kebenaran kisah Bible itu atau tidak, ttp untuk membuktikan Bible error.. paham ?!

      jadi, agar tidak OOT dan fokus pada permasalahan yg dibahas.. silahkan ditanggapi tentang ke-error-an Bible yg sdg dibahas di atas.. jelas..?!

      katakan error jika memang error, dan katakan tidak jika kata lu itu tidak dan berikan argumen dari tulisan di atas.. kemudian kita bahas argumen lu itu, mana yg bener.. apakah tulisan gw yg bener ato argumen lu yg bener.. paham..?!

      Suka

  17. Henry Jaya Teddy berkata:

    @almubayyin gw cerita di atas bukan untuk mengakui kebenaran kisah Bible itu atau tidak, ttp untuk membuktikan Bible error.. paham ?!

    tanggapan : saudara sendiri belum yakin apakah bible itu benar atau salah ? karena dari sana baru bisa membuat blog ini. menyatakan bahwa bible itu error atau tidak.

    @fawzi katakan error jika memang error, dan katakan tidak jika kata lu itu tidak dan berikan argumen dari tulisan di atas.. kemudian kita bahas argumen lu itu, mana yg bener.. apakah tulisan gw yg bener ato argumen lu yg bener.. paham..?!

    tanggapan : saudara sendiri tidak mendefinisikan error itu apa ?? yang dimaksud apa ? error adalah a : the difference between an observed or calculated value and a true value (ini menurut mirriam webster) true valuenya apa ?? yudas mati. mengenai gantung diri atau perut terbelah, itu bukan true valuenya. jadi ayat tersebut berhubungan dan saling melengkapi. kedua ayat tersebut menggambarkan yudas mati. dan sekalipun digabungkan yudas mati gantung diri dan karena batangnya/talinya putus, sehinggan jatuh menyebabkan perutnya terbelah. bisakan. selesai. saya ingatkan kembali saudara menjelaskan sesuatu yang mengakibatkan hal yang lain. Isa almasih disalib dan mati

    Suka

    • almubayyin berkata:

      Dalam berbagai jawaban yg sering gw beri adalah, bahwa Nabi Muhammad pernah berpesan bahwa tidak semua benar apa yg ada di dalam Bible dan tidak semua salah. Jadi tujuan gw di sini bukan untuk membenarkan kisah di atas, akan tetapi untuk membuktikan bahwa memang telah terjadi kesalahan di dalam Bible karena adanya kontradiksi. Baca lagi tulisan di atas apa yg sedang dibahas dan bukan membelokkan untuk membahas definisi atau masalah2 yang lainnya..

      bukankah sudah gw sering katakan di komen2 sebelumnya, bahwa tolong cari dari kata dari kalimat gw di dalam tulisan tersebut yg salah.. jika tidak mendapatkannya, berarti tulisan tersebut benar dan bible adalah yang error.. paham..?!

      Bible gw sebut buku yg error di sini maksudnya adalah buku yang banyak terdapat kesalahan di dalamnya dan salah satunya adalah di atas.. jika lu kagak setuju dengan definisi gw kagak masalah, krn bukan itu esensi yg sdg kita bahas..

      jadi jangan bertele-tele dengan definisi ini itu, tapi cari kata di dalam kalimat gw yg salah di tulisan tersebut.. jika tidak ada yg salah, berarti bible yg salah atau yg gw sebut buku error tersebut.. paham..?!

      Suka

      • Henry Jaya Teddy berkata:

        Saudara tetap tidak bisa menentukan mana yang salah dan mana yang benar, jadi saya anggap salah. Mengenai tulisan saudara jelas salah, karena itu dua hal yang menyambung. Yang satu mengatakan gantung diri sedangkan yang satu tidak memyebutkan sebabnya, hanya hasilnya. Sekarang kita gabung. Dia gantung diri, terus taki putus atau batang pohon atau tiangnya, sehingga jatuh, dan akhirnya perutnya terbelah. Sekalipun itu memang membingungkan, yudas mati dan sanggahan bhw yudas disalib jadi tidak bisa dipakai. Dan saudara bilang ini tidak berhubungan. Coba saudara yg renungkan. Kalimat saudara salah, itu saling melengkapi. Pertanyaan: harapan saudara dari kejadian itu apa?

        Suka

      • almubayyin berkata:

        waaahh.. payah nih..

        bukankah komen terakhir gw itu nyuruh ente cari kesalahan dari kalimat gw di ats, kita bahas point per-point yg gw tulis.. bukan kesimpulan yg ada di kepala lu bro yg lu tulis di sini.. paham..?!

        sekali lagi gw tegaskan, mari kita bahas point per-point dari kalimat di atas.. bisa memahami kalimat ajakan gw bro..?!

        harapan gw..?!
        hadeeuuhh.. bukankah sudah jelas di dalam judul yg ada di atas..?! kontradiksi..?!
        ini untuk membuktikan banyaknya kontradiksi di dalam ayat2 Bible.. masak seperti itu belum jelas sih bro..?! he he he..

        Suka

  18. Henry Jaya Teddy berkata:

    payah juga nich

    saudara sadar, bahwa jika saudara mempersalahkan ini, berarti saudara menegaskan bahwa yang disalib itu yesus, bukan yudas.

    yang ini dulu, dibereskan. baru masuk ke yudas. mengenai kontradiksi, itu adalah kejadian yang bertentangan. apakah yudas bertentangan ??? tidak. akhirnya yudas mati. kecuali yudas yang satu bilang hidup, yang satu bilang mati. itu baru bententangan. topik ini bisa ditemukan disemua blog, maka dari itu saya juga bilangin bahwa ini salah. lebih baik judulnya diganti, bukan kontradiksi. perbedaan cerita yudas, itu lebih bener. masak seperti ini belum jelas sih bro ??? he he he

    Suka

    • almubayyin berkata:

      bab ini tentang kontradiksi bro.. hadeeuuhhh..

      sekali lagi, gw kagak dalam rangka membenarkaqn cerita itu, tetapi tentang adanya kontradiksi.. dan ente seharusnya langsung nyambung (ato pura2 kagak nyambung) saat gw suruh ente untuk mengupas point per-point di dalam tulisan di atas, karena point per-point di atas adalah masalahnya, masalah yg sedang di bahas..
      dan di dalam poin per-point itulah letak ke-error-an Bible..

      jika ente berani, seharusnya berani bahas poit per-point yg ada di atas, bukan masalahin yang bukan point point di ats.. orang pada akhirnya tahu, bahwa ente sekedar berkelit doank, untuk menghindari malu karena kagak berani.. paham..?!

      bahas poin per-point yg ada di tulisan di atas, karena itu masalahnya bro.. jelas bukan..?!
      masak harus gw ulangi berapa kali nih bro..?! hadeeuuhhh…

      Suka

  19. Henry Jaya Teddy berkata:

    sekali lagi, gw kagak dalam rangka membenarkaqn cerita itu, = = terus ngapain dibahas dibuat tulisan seperti ini

    tetapi tentang adanya kontradiksi= = kan sudah dijelaskan kotradiksi itu jika yang satu bilang kanan, yang lain kiri. utamanya adalah yudas mati, yang berbeda adalah jalan ceritanya.

    terus tentukan dulu, mana yang saudara percaya, karena itu masalahnya bro.. jelas bukan..?!
    masak harus gw ulangi berapa kali nih bro..?! hadeeuuhhh…

    Suka

    • almubayyin berkata:

      waduh orang ini diajak ngomong muter2 terus yaa.. hadeeuuhhh.. cp d..

      gw itu membahas kontradiksi di Bible.. paham..?! makanya baca.. baca.. baca.. cp d..
      baca tuh point point yg gw permasalahkan.. dan lu bisa jawab kagak..?! jika kagak bisa, udah mundur aja.. jangan menuh-menuhin halaman gw di sini bro.. hadeeuuhhh.. cp d..

      Suka

    • almubayyin berkata:

      ya.. silahkan..
      memang selama ini tidak ada yang berani membahas point per-point dari tulisan gw di atas.. selain yg ada selama ini hanya muter2 tapi gak berani sentuh point-point yg sudah disediakan untuk dibahas di atas.. disuruh kembali bahas point-point yg ada, tapi yg terjadi justru muter-muter lagi membahas asumsi mereka..

      padahal inti yang ditawarkan di sini untuk dibahas adalah u justrpoint point di atas, tapi ternyata tak ada yg pernah berani menyentuhnya.. he he..

      Suka

  20. Angga berkata:

    Sayang banget saya telat ketemu Blog ini.. Padahal sudah bertahun2 ya di-post.. Sebenernya hanya ingin mengingatkan kepada teman2 yang beragama Kristen untuk tidak terpancing menjadikan Blog ini jadi ajang debat.. Meminjam istilah teman saya, yg namanya debat antar agama itu seperti 2 org yg sedang berdebat “Ibu mana yg paling cantik”, pasti masing2 akan hanya dapat melihat kebaikan dari Ibu sendiri dan merasa Ibunya lah yg paling cantik.. bukan perumpamaan yg tepat sekali memang,tapi saya rasa esensinya dapat diterima akal..

    Bagaimanapun dijelaskan kepada saudara almubayyin,beliau tidak akan pernah menerima penjelasan dari saudara2ku yg beragama Kristen, karena di sini yg diangkat adalah iman dan kepercayaan.. wong yg 1 keyakinan pun kadang masih suka berbeda pandangan (makanya skrg bnyk sekali aliran2 agama yg berkembang).. Bagi saudara almubayyin saya rasa tidak perlulah yg seperti ini anda jadikan bahan postingan, bukankah ada dlm agama anda “untukmu lah agamamu, dan untukku lah agamaku” (mohon dikoreksi kalau slh penulisan).. jadi tidak perlu lah anda membuat postingan yg seperti ini,di satu sisi tidak akan membuat iman anda semakin kuat, dan di sisi lain tidak akan membuat iman kami surut.. justru saya akan lebih respect lagi apabila anda memposting hal2 yg berkenaan dgn agama Islam, sehingga saudara2 Muslim yg lain dapat membaca tulisan anda dan wawasan mereka semakin diperluas..

    Saya rasa ini hal yg sangat penting utk kita sadari, terlebih lagi melihat kondisi bangsa kita skrg ini yg semakin tergerus nilai toleransi beragamanya.. sedikit2 bertengkar,emosi,saling menjelek2kan,ngomong kasar..padahal kita ini bagian dari agama samawi lho..harusnya kita ini justru hubungannya lebih erat ketimbang dgn agama2 lain..tapi kenyataannya penganutnya skrg jstru lbh banyak yg seakan2 seperti musuh bebuyutan..jadi saya mohon dgn sangat yg seperti ini tidak perlu dilanjutkan lagi..biarlah kita gali agama kita masing2, lalu praktekkan dalam hidup kita sehari2,jgn jadi org2 yg teori setinggi langit tapi tidak ada aksi sama sekali.. Sekian dari saya, semoga teman2 semua senantiasa sehat & diberkati..

    Suka

    • almubayyin berkata:

      Maaf, blog ini dibuat itu karena respon ane untuk menjawab blog2 orang Kristen yang menyerang Islam.. Yang ane tulis di siniadalah hasil adu argumentasi dengan orang-orang yang suka menyerang Islam, jadi blog ini bukan ada secara tiba-tiba begitu saja..

      Jika ente Kristen, sebaiknya ente ingatkan saja umat ente sendiri, karena yang ane tulis di sini adalah jawaban atas tantangan yang ada.. ente nyuruh ane berhenti nulis tentang ilmu perbandingan agama, dan ane disuruh konsen dengan ilmu-ilmu dalam Islam doank, sedangkan temen2 ente rajiiinnn bingiits melakukan manipulasi dan penipuan-penipuan ayat-ayat ataupun dalil yang ada di Islam, sama saja ente ingin memuluskan misi pemurtadan umat Islam..

      Siapa bilang tidak akan menambah keimanan ane dan saudara2 muslim ane..?!
      justru dengan adanya tulisan-tulisan yang menjawab tantangan kaum misionaris seperti ini banyak yang semula sudah mulai meragukan Al Quran dan Islam akhirnya menjadi percaya penuh lagi.. karena akhirnya terbuka bahwa yang tersebar selama ini hanya tipuan dan dusta para misionaris Kristen sekedar untuk menyebarkan agamanya dan agar umat Islam murtad untuk ikut agama mereka..

      ente jangan menutup mata terhadap pelajaran khusus para pendeta yang bernama Islamologi, dengan tujuan mencari-cari jalan untuk mencari kelemahan Islam bahkan di dalamnya banyak manipulasi dalil-dalil di dalam Islam.. jangan juga berusaha untuk menyangkal bahwa itu bukan untuk menyerang umat Islam, karena itu sudah diakui dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pelajaran Islamologi digunakan untuk menyerang pemahaman umat Islam.. Saat ane berdebat dengan para misionaris tersebut, mereka mengakui juga adanya Islamologi yang digunakan untuk mencari kesalahan2 Islam.. para mualaf mantan pendeta juga mengakui hal tersebut..

      So, hal ini sudah tidak bisa dihindari.. Tulisan-tulisan fitnah terhadap umat Islam sudah ane jawab, sekarang ane balik bertanya tentang Bible.. jika bisa silahkan jawab, jika tidak ya tidak masalah.. ok..?!

      Suka

  21. daniel hallatu berkata:

    admin…yg anda harus tau pertama
    1. Alkitab berbeda dengan Alquran…
    Alkitab ditulis oleh lebih dari 40 penulis berbeda di zaman yang berbeda2 pula..sehingga memang banyak perbedaan mengenai jumlah ternak,jumlah tentara,cara mati siapa,yang beli tanah dll….
    Alkitab lebih dapat diterima dengan akal sehat itu bukan kitab yang turun dari langit…
    tapi inget INTI alkitab tidak pernah salah perjanjian lama untuk menubuatkan Yesus sang Messias dan Perjanjian Baru mengenai Kedatangan Messias itu sendiri…
    CONTOH :
    ada 1 kasus tabrakan menyebabkan 1 orang tewas…ada beberapa saksi di tempat kejadian namun berbeda posisi dan berbeda sudut pandang melihat kecelakaan tersebut…ketika Polisi hendak olah TKP maka Polisi meminta keterangan saksi tersebut…
    keterangan saksi berbeda2 karena posisi dan sudut pandang mereka berbeda…Polisi justru menerima itu sebagai kebenaran karena semuanya memberi kesaksian menurut sudut pandang mereka..
    tetapi apabila semua saksi punya cerita sama padahal mereka berlainan posisi dan sudut pandang malahan polisi curiga adanya kongkalikong untuk menyamakan pendapat…
    2. Saya mengakui adanya perbedaan tersebut tapi apakah tujuan INJIL ? untuk tau yudas matinya pake cara apa kah ? yg beli tanah siapakah ? itu kan beda pandangan yg satu pandangan imam ..yg 1 pandangan wrga yerusalem…alkitab sangat fair menyajikan kedua pandangan tersebut…
    tujuan INJIL untuk menyatakan bahwa Yesus Tuhan dan Allah jadi selama hanya mengenai Yudas atau berapa juta bukti yg anda punya mengenai perbedaan itu tidak menjadi masalah utk saya…
    3. kalau anda mengajak bahas poin per poin ..SANGAT TIDAK berguna untuk saya dan juga untuk anda..bukan saya takut …tapi saya tidak mempersalahkan hal berbeda sperti itu…anda katakan ini firman Tuhan kok salah ? lah bukannya salah gimana Tuhan justru memberitahukan bahwa ada banyak pandangan dluar sana di zaman itu dan tidak ditutup2in tapi diceritakan semuanya dalam bible ..
    4. saya sangat meminta anda baca dulu baik2 argumen saya baru dibalas,,
    thanks and Jesus love you🙂

    Suka

    • almubayyin berkata:

      ok.. dari uraian ente yang panjang itu, sebenarnya mengarah kepada satu kesimpulan bahwa Bible bukan firman Tuhan akan tetapi catatan sejarah doank.. ente setuju khan..?! hee..

      namanya catatan sejarah/buku sejarah, maka sudut pandang si penulis bisa salah dan berbeda informasinya satu dengan yang lainnya.. ente setuju juga khan..?!
      sudut pandang boleh berbeda dalam melihat sebuah kecelakaan, akan tetapi tidak akan merubah kisah sebenarnya kronologis kecelakaan tersebut bukan..?! karena jika berbeda kronologisnya pasti salah satunya ada yang salah dan satunya benar.. gak mungkin semuanya benar khan..?! betul..?! hee..🙂

      kesimpulan selanjutnya adalah bahwa Bible sering memberikan info yang salah, karena pencatat sejarah bisa salah juga nyatatnya khan..?! tuh buktinya satu dengan yang lainnya bertentangan.. betul..?!
      untuk yang ini seharusnya ente setuju juga khan..?! karena merupakan kesimpulan dari komen ente sendiri di atas.. akuuurrr..🙂

      Suka

      • Windu berkata:

        Wiiiih, mas Almubayyin t.o.p ilmu pengetahuannya. Mas btw saya Atheist dan googling2 liat blog mas. Mas bs tau kedua agama hebat. Tp kasian bahasa nya mas kayak gak seperti orang beretika mmg gak diajarin ya mas tutur kata di dalam agama? Kalau iya mending kaya saya aja mas gak ada agama saya pakai logika manusia saya bs tau mana kata yang ngebangun atau merusak atau sopan.Menurut saya loooo. saya jadi pikir2 kalau temen2 saya anjurin saya untuk beragama kalau hasil produksi yg dihasilkan buat ngerusak hubungan satu sama lain, dan saya jadi berpandangan, kalau pikiran mas mau balas dendam doank krn agama mas diserang juga lewat blog2 sama orang Kristen. Serem ya orang beragama kaya gitu mata balas mata jantung balas jantung mending Budha mas mereka ajarin kedamaian setau saya hewan pun gak dimakan kata2 nya dijaga hahaha.. sorry mas blog anda blog umum jadi saya blh berkomntr dalam segi logika saya yg gk mengenal agama. walau saya Atheist bahkan mungkin budha hindu jg baca postannya mas. Saya tantang mas dengan praktis hidup yang benar orang beragama atau orang gak beragama yang menang? Bagaimana?

        Suka

      • almubayyin berkata:

        Tidak beretika..?! he he..
        sorry bro.. sebaiknya ente baca semua komen ane, bukan hanya yg ada di sini doank.. karena sebenarnya udah berkali-kali gw jawab alasan sebelumnya.. knape ane kadang keras kadang pelan..?! itu tergantung lawan yg dihadapi..

        ane sudah beberapa kali debat dengan para tukang fitnah, dan ternyata jika kita sekedar menjawab, maka akan datang ribuan serangan beruntun yang lainnya.. seolah-olah kita jadi sansak hidup, yg hanya bisa mereka serang terus dan kita sibuk menjawab.. ini gak akan selesai-selesai..

        gw bukan tipe orang yg senang bertele-tele, berkepanjangan tanpa ada alur yg jelas dikarenakan kita terus dikejar untuk menjawab, padahal mereka suka muter-muter jika bertanya.. kapan selesainya..?!
        Ditambah lagi, serangan mereka bukan hanya sekedar bertubi-tubi gak jelas, akan tetapi seringkali menggunakan kata-kata kotor, jorok plus makian..

        karena gw bukan tipe orang yg senang bertele-tele di dalam debat, maka jurus yg gw gunakan adalah : serangan balik.. karena serangan balik adalah pertahanan terbaik.. dengan serangan balik gw ingin segera menyelesaiakan debat tanpa harus kehabisan waktu berharga gw untuk menjawab pertanyaan yg muter2 kayak gangsingan kagak jelas.. waktu gw terlalu berharga jika harus menghadapi serangan yg muter2 gak jelas..

        masih untung aja, gw gak balas kalimat2 kotor, jorok mereka.. gw sekedar keras melakukan serangan balik, akan tetapi tidak mau mengeluarkan kalimat jorok dan kotor.. karena gw kagak suka itu.. adapaun serangan keras gw sekedar untuk membungkan mulut kotor mereka.. jika mwereka berhenti, gw juga berhenti.. karena emang tujuan gw sekedar untuk memberhentikan doank.. gw sekedar menjawab fitnah tanpa mau bertele-tele menghabiskan waktu untuk meladeni serangan kagak jelas..

        Jika lu nantang praktek sehari-hari.. he he..
        sorry bro, gw keras hanya pada orang yang melecehkan agama gw.. akan tetapi dalam praktek sehari-hari, pada saat ada tetangga gw orang Kristen yg sakit gw aqdalah orang pertama yg meminjamkan mobil gw untuk antar dia ke dokter atau rumah sakit.. saat mereka kesusahan, gw orang yg pertama menawarkan bantuan.. saat gw bepergian, tetangga gw depan rumah yg Kristen adalah salah satu orang yg selalu gw kasih oleh-oleh.. saat dia difitnah, gw dan keluarga gw termasuk orang yg berusaha membela mereka..

        akan tetapi untuk orang yang menyerang agama gw, pantang bagi gw untuk mundur.. jika saja saat negeri kita dulu dijajah dan diinjak2, para pahlawan negeri ini diam saja, maka kita akan tetap dijajah.. sikap keras mereka (para pahlawan) dan kasar mereka kepada para penjajah yang telah menginjak-injak harkat dan martabat bangsa, itu bukan karena perilaku para pahlawan itu bobrok.. akan tetapi itu cara yg harus mereka gunakan untuk segera menghentikan penjajahan.. oleh karena itulah mereka disebut pahlawan.. jelas..?!

        gw kagak suka cari lawan, akan tetapi jika ada yg menginjak-injak kehormatan agama gw, gw pantang untuk mundur.. paham bro..?!

        Suka

  22. bmr18 berkata:

    udah dua bulan ngga ada yang tanggepin…mungkin mereka lelah…

    bikin situs dong bang… situs kaya begini perlu banget buat nambah ilmu, baik itu muslim dan non-muslim

    inshallah yg akal nya masih jalan, iman nya nambah, dan yang ngga maksimalin akal yaaaa ..ujung2nya emang hidayah itu cuma allah yang punya

    boleh tambahin satu ngga bang, orang cenderung buru2 ke ayat “bagimu agama mu, bagiku agama ku”

    itu kan ayat terakhir surat alkafirun, jgn lupa ayat pertama nya berbunyi “Katakanlah: Hai Orang2 kafir”

    ini boleh ngga di tafsirin sebagai “seruan” bagi orang kafir… artinya ada tanggung jawab kita sebagai muslim untuk mendakwahi mereka… tentu nya dengan cara yang baik🙂

    Suka

    • almubayyin berkata:

      Ya pastinya mereka gak bisa menjawab apapun atas artikel di atas tho brader.. he he..
      lha mereka modalnya ilmu pengawuran, lha kalo ketemu dengan orang yg bener2 berbekal ilmu tentunya mereka gak berani.. ya tho..?!

      masalah situs nih, masalahnya adalah belum ada waktu yg lebih untuk nanganin aja sih.. ane saat ini sendirian atau singgle fighter nanganin blog, selain itu sebetulnya ane pun masih gaptek juga.. bisanya nulis dan menganalisa tulisan aja, tp masalah IT bukan bidang ane.. he he..
      jadi bisanya seperti ini ya seperti ini aja dulu.. kalo ada waktu dan sempat belajar lebih masalah dunia maya, mungkin akan meningkat ke arah pembuatan situs juga.. toh selama ini juga banyak pengunjungnya ke sini walau pengelolaannya serba terbatas.. he he.. alhamdulillah.. sementara disyukurin dulu aja deh bisanya seperti ini..

      tentang perintah berdakwah.. perintah berdakwah pastinya sangat banyak di dalam ayat Al Quran dalam surat2 yang lainnya brader.. hampir tiap surat juga (walau tidak semua) tentu ada asbabun nuzulnya (sebab2 turunnya) ayat yang ada hubungannya dgn ayat tersebut, dan asbabun nuzul tersebut nantinya yang akan digunakan untuk menafsirkan pengertian atas ayat tersebut..
      adapun surat Al Kafirun itu sebenarnya diperuntukkan untuk orang2 kafir yang menghendaki Nabi Muhammad mau bergantian beribadah dengan mereka, sekali waktu Nabi Muhammad mau diajak ibadah dgn cara mereka dan sekali waktu mereka mau diajak ibadah dgn cara Nabi Muhammad..

      maka QS Al Kafirun tersebut adalah ayat penegasan untuk tidak melakukan hal tersebut, karena apa yg mereka sembah adalah bukan yang kita (muslim) sembah dan apa yang mereka sembah juga adalah bukan yang kita sembah.. sehingga di akhir surat dipertegas untukmu agamamu dan untukku agamaku..

      Jadi, jika ada orang yg ngajak kita ikut ibadah mereka seperti natalan dan sejenisnya, nah ayat tersebutlah yg seharusnya digunakan.. kami gak menyembah apa yg kamu sembah dan kalian juga gak menyembah apa yg aku sembah.. untukmu agamamu dan untukku agamaku.. begitu braderr.. ok ?!

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s