TUAN DAN TUHAN


Pada saat ada yang bertanya, apakah ada ayat di dalam Bible Yesus pernah mengatakan dirinya adalah Tuhan, maka orang Kristen akan mengajukan ayat :

Yohanes 13;13 :

LAI TB, Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.”
KJV, Ye call me Master and Lord: and ye say well; for so I am.
TR, υμεις φωνειτε με ο διδασκαλος και ο κυριος και καλως λεγετε ειμι γαρ
Translit., HUMEIS {kalian} PHÔNEITE {kalian memanggil} ME {-Ku} HO DIDASKALOS {guru} KAI {dan} HO KURIOS {Tuhan} KAI {dan} KALOS {benar} LEGETE {kalian berkata} EIMI {Aku adalah} GAR {karena}

Dengan ayat tersebut, mereka lantas berjingkrak-jingkrak dan berteriak keras-keras agar semua orang tahu bahwa Yesus pernah mengakui dirinya sebagai Tuhan. Akan tetapi sayangnya, mereka mengartikan sebuah kalimat dengan semau mereka sendiri, dengan tujuan agar tampak bahwa sekana-akan Yesus mengakui dirinya sebagai Tuhan. Padahal itu sebenarnya adalah pembodohan.
Koq bisa ?! Mari kita kupas tuntas.. tasss.. tasss.. taaasss…

Bagi manusia-manusia yang tidak sembrono, mau lebih teliti, lebih jeli sertamau bersifat kritis dan kemudian mau juga menggunakan akal sehatnya terlebih dahulu sebelum ambil sebuah tindakan, maka mereka akan menemui adanya kejanggalan di dalamnya. Oleh karena itu, mari kita coba kupas kalimat yang ada di dalam ayat tersebut dengan lebih teliti, lebih jeli serta lebih kritis lagi.

Kata yang digunakan untuk mengartikan kata Tuhan di ayat tersebut ada di kalimat adalah kata ” κυριος – kurios”. Apakah arti kata tersebut yang sebenarnya ?!
artinya yang sebenarnya adalah TUAN dan bukan TUHAN. Sehingga dalam Bahasa Inggris biasa diterjemahkan dengan kata LORD dan bukan GOD.

Jika kata ” κυριος – kurios” itu artinya Tuhan, maka akan sangat aneh kalimat di ayat tersebut di bawah ini :

1. Ibrahim (Abraham) juga dipanggil “κυριος – kurios” :

Kejadian 18:12
LAI TB, Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: ‘Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?’
KJV, Therefore Sarah laughed within herself, saying, After I am waxed old shall I have pleasure, my lord being old also?
Hebrew,
ותצחק שרה בקרבה לאמר אחרי בלתי היתה לי עדנה ואדני זקן׃
Translit., VATITSKHAQ SÂRÂH BEQIRBÂH LÊ’MOR ‘AKHARÊY VELOTÎ HÂYETÂH-LÎ ‘EDNÂH VA’DONÎ ZÂQÊN
Septuaginta, εγελασεν δε σαρρα εν εαυτη λεγουσα ουπω μεν μοι γεγονεν εως του νυν ο δε κυριος μου πρεσβυτερος

2. Daud (David) juga dipanggil “κυριος – kurios” :

1 Raja-Raja 1:11
11 Lalu berkatalah Natan kepada Batsyeba, ibu Salomo: “Tidakkah engkau mendengar, bahwa Adonia anak Hagit, telah menjadi raja, sedang tuan kita Daud tidak mengetahuinya?
καὶ εἶπεν ναθαν πρὸς βηρσαβεε μητέρα σαλωμων λέγων οὐκ ἤκουσας ὅτι ἐβασίλευσεν αδωνιας υἱὸς αγγιθ καὶ ὁ κύριος ἡμῶν δαυιδ οὐκ ἔγνω
kai eipen nathan pros bersabee metera salomon legon ouk Ekousas oti ebasileusen adonias uios angith kai o kurios Emon dauid ouk egno

3. Hanun juga disebut “κυριος – kurios” :

2 Samuel 10:3
berkatalah pemuka-pemuka bani Amon itu kepada Hanun, tuan mereka: “Apakah menurut anggapanmu Daud hendak menghormati ayahmu, karena ia telah mengutus kepadamu orang-orang yang menyampaikan pesan turut berdukacita? Bukankah dengan maksud untuk menyelidik kota ini, untuk mengintainya dan menghancurkannya maka Daud mengutus pegawai-pegawainya itu kepadamu?”

καὶ εἶπον οἱ ἄρχοντες υἱῶν αμμων πρὸς αννων τὸν κύριον αὐτῶν μὴ παρὰ τὸ δοξάζειν δαυιδ τὸν πατέρα σου ἐνώπιόν σου ὅτι ἀπέστειλέν σοι παρακαλοῦντας
Translate : kai eipon oi archontes uiOn ammOn pros annOn ton kurion autOn mE para to doxazein dauid ton patera sou enOpion sou oti apesteilen soi parakalountas ang’ ouchi opOs ereunEsOsin tEn polin kai kataskopEsOsin autEn kai tou kataskepsasthai autEn apesteilen dauid tous paidas autou pros se

4. Pilatus juga disebut “κυριος – kurios” :

* Matius 27:63
LAI TB, dan mereka berkata: ‘Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.’
KJV, Saying, Sir, we remember that that deceiver said, while he was yet alive, After three days I will rise again.
TR., λεγοντες κυριε εμνησθημεν οτι εκεινος ο πλανος ειπεν ετι ζων μετα τρεις ημερας εγειρομαι
Translit., LEGONTES KURIE EMNÊSTHÊMEN HOTI EKEINOS HO PLANOS EIPEN ETI ZÔN META TREIS HÊMERAS EGEIROMAI

5. Filipus juga disebut “κυριος – kurios” :

* Yohanes 12:21
LAI TB, Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: ‘Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus.’
KJV, The same came therefore to Philip, which was of Bethsaida of Galilee, and desired him, saying, Sir, we would see Jesus.
TR., ουτοι ουν προσηλθον φιλιππω τω απο βηθσαιδα της γαλιλαιας και ηρωτων αυτον λεγοντες κυριε θελομεν τον ιησουν ιδειν
Translit., HOUTOI OUN PROSÊLTHON PHILIPPÔ TÔ APO BÊTHSAIDA TÊS GALILAIAS KAI ÊRÔTÔN AUTON LEGONTES KURIE THELOMEN TON IÊSOUN IDEIN

5. Kaisar Romawi juga disebut “κυριος – kurios” :

Kisah Para Rasul 25:26
LAI TB, Tetapi tidak ada apa-apa yang pasti yang harus kutulis kepada Kaisar tentang dia. Itulah sebabnya aku menghadapkan dia di sini kepada kamu semua, terutama kepadamu, raja Agripa, supaya, setelah diadakan pemeriksaan, aku dapat menuliskan sesuatu.
KJV, Of whom I have no certain thing to write unto my lord. Wherefore I have brought him forth before you, and specially before thee, O king Agrippa, that, after examination had, I might have somewhat to write.
TR., περι ου ασφαλες τι γραψαι τω κυριω ουκ εχω διο προηγαγον αυτον εφ υμων και μαλιστα επι σου βασιλευ αγριππα οπως της ανακρισεως γενομενης σχω τι γραψαι

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang menggunakan kata “κυριος – kurios” untuk manusia, apakah ini juga berarti bahwa arti dari Kurios itu adalah Tuhan ?!
Jika demikian, maka Tuhan Bible amat sangat banyak sekali. Karena setiap orang yang punya jabatan atau menjadi orang yang terhormat bisa disebut TUHAN. Betul..?! masuk akal sehat ?!

Memang kadangkala Tuhan akan disebut juga sebagai “κυριος – kurios” seperti di ayat :

Matius 1:22
LAI TB, Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi”
KJV, Now all this was done, that it might be fulfilled which was spoken of the Lord by the prophet, saying,
TR, τουτο δε ολον γεγονεν ινα πληρωθη το ρηθεν υπο του κυριου δια του προφητου λεγοντος
Translit., TOUTO DE HOLON GEGONEN HINA PLÊRÔTHÊ TO RHÊTHEN HUPO TOU KURIOU DIA TOU PROPHÊTOU LEGONTOS

Kata Kurios bukan mutlak berarti Tuhan, akan tetapi kata Kurios akan mutlak berarti TUAN, walau kadang bisa juga kata tersebut disematkan untuk Tuhan. Tuhan sudah pasti adalah TUAN, akan tetapi tidak semua TUAN adalah Tuhan. Paham bukan yang dimaksud ?!

Di dalam bahasa Jawa juga ada kata yang serupa, yakni ada kata Gusti yang juga biasa digunakan untuk menyebut orang yang terhormat, entah itu untuk seorang Raja, Sultan, Pangeran, Raden dan sebagainya. Seperti contoh ada kata Gusti Pangeran Haryo atau kata Gusti Panembahan Senopati dan lain sebagainya.
Akan tetapi kata Gusti biasa juga dipergunakan untuk menyebut Tuhan, seperti ada kata Gusti Alloh atau kata Gusti Kang Akaryo Jagad (Tuhan Yang Menciptakan alam semesta).

Oleh karena itu, kita harus bisa memastikan terlebih dahulu siapakah yang disebut di sebuah kalimat tersebut. Jika terbukti bahwa yang disebut dalam kalimat yang dimaksud adalah Tuhan maka kata Gusti atau Kurios tersebut adalah berarti TUAN sebagai gelar kehormatan untuk Tuhan. Jika tidak terbukti yang dipanggil adalah Tuhan, maka arti Gusti atau Kurios dalam kalimat tersebut adalah TUAN sebagai gelar kehormatan untuk MANUSIA. Sangat jelas bukan ?!

JADI, JANGAN GUNAKAN AYAT YANG ADA KATA “KURIOS” UNTUK MEMBUKTIKAN KE-TUHAN-AN, KARENA ITU ADALAH SEBUAH GELAR KEHORMATAN SAJA, BISA UNTUK TUHAN DAN BISA JUGA UNTUK MANUSIA. AKAN TETAPI BUKTIKAN TERLEBIH DAHULU BAHWA YANG DIMAKSUD DI AYAT ITU ADALAH TUHAN ATAU BUKAN TUHAN, BARU AKAN KITA KETAHUI KATA KURIOS ITUSEBENARNYA ADALAH UNTUK GELAR KEHORMATAN BAGI TUHAN ATAU BAGI MANUSIA.

Akan tetapi yang ada saat ini adalah justru sebaliknya, menggunakan ayat seperti di Yohanes 13;13 yang ada menggunakan kata Kurios untuk membuktikan ke-Tuhan-an. hadeeuuhh.. cpd..
Padahal seharusnya dibuktikan terlebih dahulu di lain ayat bahwa Yesus itu sebagai Tuhan atau bukan, baru kemudian bisa kita memutuskan untuk menyematkan kata Kurios di ayat tersebut adalah berarti TUAN kata kehormatan untuk Tuhan ataukah TUAN sebagai gelar kehormatan bagi manusia.
Dan belum terbukti bahwa Yesus adalah Tuhan di ayat manapun, sehingga bagi yang mau kritis seharusnya menolak terjemahan yang dipaksakan seperti itu.

Adapun ayat lain yang ada kata Kurios seperti contoh di Matius 1:22, Kurios yang berarti kata kehormatan untuk Tuhan, itu dikarenakan memang yang ber-firman kepada para Nabi itu adalah Tuhan. Jelas bukan ?!

Jangan sampai gak ada hujan gak ada angin, tiba-tiba saja main asal teplok, kata Kurios di sebuah ayat akan langsung diklaim sebagai gelar untuk Tuhan, yang kemudian terjemahan asal teplok itu akan dijadikan dalil pembenaran dan bukan sebagai kebenaran. Bagi orang yang tidak teliti dan tidak jeli serta tidak bersifat kritis, akan langsung meng-iya-kan begitu saja atau menelan mentah-mentah begitu saja doktrin asal teplok tersebut dia karena hanya sekedar baca terjemahan dari gereja itu saja.
Padahal jika saja mau kritis sedikit saja, jeli sedikit saja, teliti sedikit saja, maka akan kita temui keganjilan dalam cara asal teplok tersebut. Betul ?!

Ada juga orang Kristen yang ingin menguatkan bahwa Yesus di ayat tersebut adalah Tuhan, dengan menggunakan dalil lain bahwa ada ayat yang mengatakan Yesus dan Bapa adalah satu atau ada ayat yang mengatakan Yesus ada di dalam Bapa. Akan tetapi hal tersebut ternyata juga sudah dimentahkan dengan telak di : https://almubayyin.wordpress.com/kristologi/yesus-dan-bapa-adalah-satu-benarkah/ .

Hingga saat ini tidak terbukti dalam ayat manapun bahwa Yesus adalah Tuhan, yang justru terbukti adalah Yesus adalah BUKAN TUHAN seperti tersebut di dalam tulisan saya di : https://almubayyin.wordpress.com/kristologi/yesus-bukan-tuhan/ .

Adakah yang bisa membuktikan adanya dalil atau ayat yang mengatakan bahwa Yesus adalah Tuhan ?!
Silahkan dibawa kemari, akan kita kupas dengan lebih teliti, lebih jeli, dan lebih kritis lagi. Jangan pernah mau langsung percaya kata orang, jika belum kita kupas tuntas kata orang tersebut secara lebih kritis terlebih dahulu. Sekian..