Yesus dan Bapa Adalah Satu, Benarkah ?

https://almubayyin.wordpress.com/kristologi/yesus-dan-bapa-adalah-satu-benarkah/
Para misionaris sering mengangkat ayat yang berbunyi Yesus dan Bapa adalah satu, dengan tujuan mengarahkan jalan pikir manusia agar memahami bahwa Yesus adalah Bapa. Akan tetapi sayangnya, mereka dengan sengaja menutupi ayat-ayat lain yang bertebaran di dalam Bible mereka sendiri bahwa Yesus juga satu dengan para murid-muridnya.

Yohanes 17:11
Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

TR, και ουκ ετι ειμι εν τω κοσμω και ουτοι εν τω κοσμω εισιν και εγω προς σε ερχομαι πατερ αγιε τηρησον αυτους εν τω ονοματι σου ους δεδωκας μοι ινα ωσιν εν καθως ημεις
Interlinear, kai {adapun} ouk {tidak} eti {lama} eimi {Akiu ada} hen {di dalam} tô kosmô {dunia} kai {tetapi} outoi {mereka} hen {didalam} tô kosmô {dunia} eisin {masih ada} kai {dan} egô {Aku} pros {kepada} se {Engkau} erchomai {pergi} pater {ya Bapa} agie {Yang Kudus} têrêson {peliharakanlah} autous {mereka} hen {dengan} tô onomati {Nama} sou {Mu} ous {yang} dedôkas {Engkau telah memberikan} moi {kepada-Ku} hina {supaya} ôsin {mereka} hen {satu} kathôs {sama} hêmeis {seperti kita}

Yohanes 17:21,23
17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

TR, ινα παντες εν ωσιν καθως συ πατερ εν εμοι καγω εν σοι ινα και αυτοι εν ημιν εν ωσιν ινα ο κοσμος πιστευση οτι συ με απεστειλας
Interlinear, ina {supaya} pantes {semua} hen {satu} ôsin {menjadi} kathôs {sama seperti} su {Engkau} pater {ya Bapa} hen {didalam} emoi {Aku} kagô {dan Aku} hen {didalam} soi {Engkau} ina {supaya} kai {juga} autoi {mereka} hen {didalam} êmin {kita} hen {satu} ôsin {berada} ina {supaya} ho kosmos {dunia} pisteusê {percaya} hoti {bahwa} su {Engkau} me {Aku} apesteilas {telah mengutus}

Yohanes 17:22
Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:

TR, και εγω την δοξαν ην δεδωκας μοι δεδωκα αυτοις ινα ωσιν εν καθως ημεις εν εσμεν
Interlinear, kai {dan} egô {Aku} tên doxan {kemuliaan} hên {yang} dedôkas {Engkau telah memberikan} moi {kepadaKu} dedôka {telah memberikan} autois {kepada mereka} hina {supaya} ôsin {mereka menjadi} hen {satu} kathôs {sama seperti} hêmeis {kita} hen {satu} esmen {kita adalah}

17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

TR, εγω εν αυτοις και συ εν εμοι ινα ωσιν τετελειωμενοι εις εν και ινα γινωσκη ο κοσμος οτι συ με απεστειλας και ηγαπησας αυτους καθως εμε ηγαπησας
Interlinear, egô {Aku} hen {didalam} autois {mereka} kai {dan} su {Engkau} hen {didalam} emoi {Aku} ina {supaya} ôsin teteleiômenoi {mereka (boleh) dengan sempurna} eis {menjadi} hen {satu} kai {dan} ina {supaya} ginôskê {tahu} ho kosmos {dunia} hoti {bahwa} su {Engkau} me {Aku} apesteilas {telah mengutus} kai {dan} êgapêsas {Engkau telah mengasihi} autous {mereka} kathôs {sama seperti} eme {Aku} êgapêsas {Engkau telah mengasihi}

Setelah membaca ayat-ayat di atas, kita akan tahu bahwa Yesus dan murid-murid juga satu, menggunakan kata yang sama yakni kata εν – hen (satu) untuk menyatakan bersatunya Yesus dengan Bapa dan juga bersatunya murid-murid Yesus dengan Yesus dan juga Bapa. Apakah dengan demikian berarti kita bisa dengan mudah menyimpulkan, bahwa Tuhan Bible banyak..?! karena mereka menyatu dengan Yesus dan Bapa ?! ckckck..

Kemudian saya membaca sebuah artikel di Sarapan Pagi, katanya bersatunya murid-murid dengan Yesus adalah “to be” atau “harapan” Yesus sedangkan Yesus dengan Bapa sudah terjadi (real) sehingga berbeda. Mari coba kita gunakan akal sehat yang paling sehat, apakah Yesus berharap murid-muridnya untuk menjadi Tuhan ?!
Walaupun itu bentuk “to be” sekalipun, gunakan akal sehat lagi, apakah Yesus berharap para murid-muridnya kelak untuk “to be” your GOD ?!

Coba simak lebih lanjut ayat berikut ini untuk mengantar kita membongkar logika yang aneh dari Sarapan Pagi tersebut, logika yang hanya sekedar mencari “pembenaran” dan “bukan kebenaran”, yakni ayat :

Yohanes 14:20 “Bila tiba hari itu, kalian akan tahu bahwa Aku bersatu dengan Bapa, kalian bersatu dengan Aku, dan Aku bersatu dengan kalian.”

Gunakan kalimat tersebut untuk menghantar pada logika aneh dari Sarapan Pagi :

Bila tiba hari itu, kalian akan tahu bahwa Aku bersatu dengan Bapa, kalian bersatu dengan Aku, dan Aku bersatu dengan kalian.

gantilah kalimat tersebut sesuai logika aneh di atas menjadi (kata “BERSATU DENGAN” saya ganti dengan “ADALAH” demi mengikuti logika aneh tersebut):

Bila tiba hari itu, kalian akan tahu bahwa Aku ADALAH Bapa, kalian ADALAH Aku, dan Aku ADALAH kalian

Kesimpulannya, BILA TIBA HARI ITU, PARA MURID_MURID YESUS AKAN MENJADI TUHAN (karena murid2 Yesus sudah menjadi Yesus).. Masuk akal bukan..?! sesuai dengan logika aneh tersebut bukan..?!
bukankah saya hanya mengikuti alur logika aneh tersebut..?! ckckck.. cp d..

Kadang juga para misionaris memenggal ayat yang menyatakan Yesus mengakui bahwa Bapa di dalam Yesus dan Yesus di dalam Bapa, akan tetapi sayangnya mereka tidak fair untuk melengkapi ayat tersebut dan membongkar ayat-ayat yang ada lainnya, bahwa para murid-murid Yesus juga ada di dalam Yesus

Yohanes 17:21,23
17:21 “… agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”
17:23 “Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu,..”

Nah, sekarang jelas bukan..?! apa yang di maksud dengan “SATU” dan apa yang dimaksud dengan “DI DALAM”..?! itu adalah kalimat kiasan yang menunjukkan bahwa Yesus, Bapa dan juga para murid-muridnya menjadi satu dalam kebenaran, satu dalam tujuan, satu dalam perjuangan dan seterusnya. Sangat dangkal sekali jika dikatakan satu dalam arti wujud, karena logika aneh tersebut akan memberikan pengertian bahwa Tuhan Bible ada banyak, termasuk para murid-muridnya Yesus juga. Masuk akal..?!

Gunakanlah akal sehat yang paling sehat untuk memahami tulisan dan juga ayat-ayat yang ada di atas, bukan dengan menutupi akal sehat kita rapat-rapat demi membela doktrin-doktrin aneh yang hanya sekedar mencari pembenaran dan bukan kebenaran.