Dakwah di atas Bis Kota


Seperti biasa, saat ane masih kuliah dahulu kala di Jakarta, bepergian ke mana-mana selalu naik bis kota, dan juga angkot yang terkenal sangat murah.. maklum, thn 1990-an lalu khusus mahasiswa pelajar tarifnya hanya cepek.. he he he.. dan seperti biasa pula, ane naik turun bisa kota dengan menggunakan ghamis panjang plus surban ke mana2.. maklumlah.., masih semangat2nya..

Dalam perjalanan.tidak sedikit yg bertanya pada ane ttg itu pakaian yg selalu dipakai ke mana2, yaitu ghamis dan surban.. maklum jaman dulu yg menggunakannya masih sangat jarang sihh.. di sini ane hanya ingin sedikit karghozari/bercerita tentang salah satu dialog ane ttg pakaian tersebut di atas bis kota..

Ada salah seorang penumpang yang bertanya pada ane.. : “ Mas, kenapa sih khoq suka berpakaian seperti ini..?! kaya’ mo shalat aja.. khan lebih enak berpakaian kaya’ kita2 ini.. he he hee”
Ane menjawab : “ waaah.. pertanyaan bagus tuh mas..

coba mas lihat itu orang yg berpakaian kuning-kuning (jaman dahulu seragam tukang sampah berpakaian kuning-kuning, sehingga disebut pasukan kuning).. kalo kita melihat orang yg berseragam pasukan kuning, apa yg ada dalam benak kita..?! tentu alam pikiran kita akan melayang membayangkan sampah di rumah kita, di kantor kita dll.. atau mungkin teringat sesuatu yg berhubungan sampah, misal berita mengenai dibangunnya tempat pembuangan sampah baru.. dsb.. dsb..

coba mas kalo lihat orang yg berseragam rumah sakit atau dokter.. apa yg akan terlintas dalam pikiran mas..?! tentu alam pikiran kita akan melayang membayangkan rumah sakit, atau sodara kita yg baru saja sakit, atau bahkan diri kita yg juga baru saja keluar dari rumah sakit, atau mungkin terlintas bayangan sodara kita yg juga bekerja di rumah sakit, entah jadi dokter atau perawat.. atau sesuatu yg berhubungan dengan kesehatan dan rumah sakit lainnya.. benar khan mas..?! he he hee..

baik, sekarang, jika mas melihat orang yg berpakaian tentara.. tentu secara sepintas akan terlintas dalam pikiran kita sesuatu yg berhubungan dengan ketentaraan, atau sodara kita yg baru saja jadi tentara, atau sodara kita yg baru saja pindah tugas ke luar daerah sebagai tentara, atau mungkin terlintas dlm pikiran kita sesuatu yg berhubungan dengan seragam itu.. benar khan mas..?!

Nah, saat saya berpakaian seperti orang yang mau shalat ini, paling tidak akan terlintas dalam pikiran orang yg melihat sesuatu yg berhubungan dengan shalat.. entah waktu2 shalat yg saat ini sering terlewat oleh kita, mungkin teringat bahwa saat ini saya belum shalat, mungkin juga teringat masjid di dekat rumah kita yg sedang di bangun dan butuh sumbangan, atau mungkin pengajian2 yg sering kita lakukan di kampus kita atau di lingkungan rumah kita.. intinya, kita saat melihat orang yg berpakian seperti orang yg akan shalat seperti ini, kita sering teringat akan sesuatu yg berhubungan dengan masjid dan ibadah.. ya khan..?!

Nah, saat manusia sedang di atas kendaraan umum seperti saat ini, pikiran melayang ke mana2, saat itu juga syaithon berusaha melalaikan mereka dari mengingat Allah .. syaithon juga berusaha melakukan dakwahnya.. mengajak mata kita melihat orang2 berpakaian seksi dan kemudian membawa alam pikiran manusia tersebut melayang-layang terbang pada sesuatu yg disukai syaithon tetapi dilarang Allah..

maka dengan berpakaian seperti ini kita bisa melakukan dakwah melawan dakwah (ajakan) syaithon tersebut, walau tanpa perlu berbicara.. hanya dengan berpakaian.. orang2 yang melihat kita, akan teringat waktu shalat, ingat Allah, ingat masjid dsb.. dsb.. mengajak orang “eling” walau tanpa bicara.. meranalah syaithon.. ingin ngajak kita lupa Allah dengan mengingat2 yg lainnya, tp gara2 melihat kita orang jadi “eling”.. yah, kalahlah syathon tersebut.. 1-0 untuk kita.. he he hee..

jadi, baju bisa digunakan untuk dakwah.. krn syaithon juga selalu berdakwah setiap saat, termasuk di atas bis kota ini.. ya tho..?!

baik, sekarang lebih jauh lagi.. saat saya berpakaian seperti ini, tentu akan menghalangi saya godain cewek.. ya khan..?! kebiasaan lama akan sirna asbab dari pakaian ini.. he he hee.. maka, syaithon yg berusaha menggoda saya untuk melakukan kebiasaan lama kalah telak dehh.. dlm hal ini syathon kalah lagi.. 2-0.. ya khan..?!

sisi yang lainnya lagi.. saat saya berpakaian seperti ini, gak mungkin tho mata saya mlototi cewek2 yg kebanyakan pakai pakaian seksi2.. ya khan..?! jadi, pakaian ini pula yg menghalangi saya untuk mengulang kebiasaan lama.. lirik-lirik cewek cakep nan seksi.. he he hee.. nah, syaithon kalah telak lagi.. menangis dia.. 3-0 untuk kita.. ya khan..?!

nah, masih ada lagi.. dulu, saya sering tuh digodain cewek2.. he he hee.. eheemm.. nah, sekarang dengan asbab pakaian ini pula, cewek2 tidak ada yg berani godain.. malah hormat dan sungkan kalo pakaiannya terlalu seksi saat harus lewat di depan kita.. akhirnya kita pun tidak akan bisa tergoda.. aahhh, syaithon KO lagi daahh.. gagal lagi, lempar handuk putih lagi.. 4-0 untuk kita.. he he hee.. ya khan..?!

Mau lagi neehh..?! dulu saya suka bercanda yg kelewatan bahkan suka ngomong kasar atau mengumpat dengan kata2 kasar (bahasa Jawa misuh2).. he he hee.. nah, saat berpakaian seperti ini, tentu menghalangi saya untuk kembali ke kebiasaan lama.. ya tho..?! saat syaithon berusaha menggoda saya untuk mengulang kebiasaan lama saya itu, ternyata godaan itu terhambat oleh pakaian ini.. he he hee.. mau misuh malu ama penampilan ini.. ya tho..?! nah, syaithon semakin sedih, krn gawangnya dijebol lagi.. hiks.. jadilah kita menang 5-0.. nah, mau berapa nol lagi nehh..??!! wkwkwkwk..

Jadi.. asbab berpakaian seperti ini, kita bisa mengalahkan syaithon dengan telak.. mau nggaak ngalahin syathon..?! kalo bisa ngalahin syaithon dapat pahala lhoo.. bagaimana..?!”

Akhirnya si penumpang yg bertanya tersebut manggut-manggut.. katanya “tapi sulit lho mas..” jawab ane “tidak ada yg sulit kalo mau belajar khoq mas.. orang yg bisa berenang khan dulu juga belajar tho..?! bagi orang yg belum bisa berenang, maka dia berpikir berenang itu sulit.. tapi bagi yg sudah belajar berenang, berenang itu mudah.. ya tho..?! eh, ngomong2 mau belajar apa ndak mas..?!” Jadilah dakwah berlanjut di atas bis kota.. ya tho..?! ya tho..?!

Saat sudah bekerja dan punya mobil, turun dari mobil pakai ghamis dan surban langsung disalami orang “ Assalaamu’alaikum pak ustadz.. habis berburu hantu di mana neehh..?!”

aeeerrrggghhh.. ternyata dakwah belum berakhir.. dan tidak akan pernah berakhir sampai ajal menjemput kita.. lanjuuuuuttt broo…!!!!

One thought on “Dakwah di atas Bis Kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s